Penjelasan Macam Macam Teori Komunikasi & Contohnya

⏩ Mengenal pengertian apa itu teori komunikasi menurut para ahli ⭐ Macam macam teori komunikasi lengkap disertai contohnya ☑️

Pada artikel ini akan dibahas secara detail mengenai apa itu teori komunikasi dan juga jenis jenis teori komunikasi. Untuk bisa berkomunikasi dengan baik, tentunya seseorang membutuhkan ilmu komunikasi.

Melengkapi artikel sebelumnya mengenai pengertian komunikasi dan juga proses proses komunikasi, disini akan kami paparkan informasi mengenai teori teori nya. Namun sebelum menginjak pada teori komunikasi, mari kita ulas kembali apa arti dari komunikasi. Yuk simak dengan baik dibawah ini ya.

Pengertian Teori Komunikasi

contoh teori komunikasi

Arti komunikasi yakni hubungan, dengan urainnya yakni komunikasi adalah suatu proses dimana menyampaikan informasi melalui alat komunikasi dari pembuat pesan kepada penerima pesan.

Dalam kehidupan kita sehari-hari tidak akan lebih dengan yang namany akomunikasi. Sebab kita sebagai makhluk sosial akan sellau membutuhkan satu sama lain dengan komunikasi. Dibawah ini akan ditelusuri lagi lebih dalam mengenai ilmu ilmu komunikasi. Berikut apa saja yang akan dipaparkan mengenai ilmu dan teori komunikasi, diantaranya adalah:

  1. Teori komunikasi
  2. Teori Komunikasi interpersonal
  3. Komunikasi efektif
  4. Komuniaksi bisnis
  5. Komunnikasi verbal
  6. Teori komunikasi massa
  7. Teori komuniaksi organisasi

Teori Komunikasi Menurut Para Ahli

Dalam kehidupan sehari-hari untuk berhubungan baik dengan seseorang yakni komunikasi. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai apa saja teori-teori komunikasi, sebagai berikut:

  1. Teori model lasswell

Salah satu teritikus komunikasi massa yang pertama kali dan paling terkenla adalah harold lasswell, ia mengemukakan model komuniaksi yang sederhana dan sering dikutip banyak orang yakni: siapa (who), berbicara apa (says what), dalam saluran yang mana (in which channel), kepda siapa (to whom) dan pengaruh seperti apa (what that effect).

  1. Teori komunikasi dua tahap

Efek media yang dihasilkan rendah, asumsi yang diterima tidaklah cukup menggambarkan realitas pelaku media massa dan penyebaran informasi dan menentukan pendapat umum.

  1. Teori informais atau matematis

Merupakan teori-teori klasik yang mempengaruhi teori-teori komunikasi selanjutnya tau berikutnya. Dalam teori ini , kmunikasi sebagai fenomena mekanistis, matematis dan informatif. Teori ini juga salah satu teori yang gamblang dari proses yang melihat kode sebagai saran untuk intruksi pesan dan menerjemahkannya. Proses ynag dimaksud adalah komunikasi pribadi yang dapat mempengaruhi tingkah laku pribadi yang lain.

  1. Teori pengharapan nilai

Dalam teori ini, dilihat dari sudut pandang kepuasan Anda dari media ditentukan oelh sikap anda terhadap media. Kepercayaan Anda mengenai apa yang dapat diberikan kepada Anda dan evalusi terhadap bahan tersebut.

  1. Teori ketergantungan

Pada teori komunikasi ini kalayak masyarakat tergantung kepada informasi yang terdapa pada media massa dalam rangka memenuhi kebutuhan kalayak masyarakat terhadap infrmasi. Namun tidak semua memiliki ketergantungan pada media massa yang sama.

Sumber ketergantungan kedua adalah kondisi sosial. Pada kondisi sosial menunjukkan sisitem media dan institut sosial itu saling berhubungan dengan kalayak masyarakat dalam menciptakan kebutuhan dan minat.

  1. Teori agenda setting

Pada teori ini memberikan tekanan pada suatu peristiwa, maka media itu akan mempengaruhi kalayak untuk menganggapnya penting. Sehingga ynag dianggappenting media akan dianggap penting juga oleh kalayak masyarakat. Pada teori ini juag berpengaruh kuat karena bukan perubahan sikap dan pendapat melainkan berkaitan dengan proses belajar.

  1. Teori dependensi

Pada teori ini memfokuskan pada kondisi struktural suatu masyarakat yang mengatur kecenderungan terjadinya suatu efek media masa. Pada sistem teori ini, informasi dianggap sangatlah penting, dalam proses memelihara, perubahan dan konflik pada msayrakatm kelompok, dan individu dalam aktivias sosial.

  1. Teri kegunaan dan kepuasan

Untuk Jenis ini yakni pihak tersebut aktif dalam memilih dan proses komunikasi. Pengguna media berusah amencari sumber informsai yang paling baik sesuai dengan kebutuhanya. Artinya pengguan memiliki alternatif untuk memuaskan kebutuhannya.

  1. Teori spiral keheningan

Jenis ini yakni terbentuknya pendapat umum ditentukan oleh suatu proses yang saling memperngaruhi antara komunikasi massa, komunikasi antar pribadi, dan persepsi individu tentang pendapatnya.

  1. Teori konstruksi sosial media

Pada teori ini informasi yang didapat melalui media massa namun berisiikan berita realitas

  1. Teori difusi inovasi

Informasi yang menarik sehingg dapat menarik pengguna media untuk tertarik dan termotivasi.

Macam Macam Teori Komunikasi

teori komunikasi

Teori Komunikasi Interpersonal

Teori komunikasi interpersonal adalah pemberian informasi diri sendiri, atau untuk diri sendiri. Contohny ketika kita menjadi pengguna media aktif maka secara tidak sadar kita mencari cara alternatif untuk memenuhi keinginna atau kebutuhan kita, nah, itu yang dinamankan dengan teori komunikasi interpersonal.

Teori komuniaksi interpersonal menjadi yang paling dimiliki dalam mayritas masyarakat yeng memiliki handphone android, sehingga mereka dapt dengan mudah mengakses hal-hal yang menjadi kebutuhannya.

Dari berbagai kmunikasi maka kkomunikasi interpersonalah yang lebih dominan. Karena televisi saja sudah sedikit tergeser karena danya yuotube. Sehingga jika kita pada waktu televisi acar tayang maka kita dapat melihatnya nanti pada youtube.

Komunikasi Efektif

Yang dimaksud pada komunikasi ini adlaah komunikasi yang dapat merubah sikap seseorang  yang dapat nampak ketika proses komunikasi terjadi. Contohnya ketika terdapat seseorang sahabat 2 orang.

Satunya sedang melakukan kesalahan seperti membentak ibunya dirumah ketika ia hendak pergi. Ia membentak ibunya dengan alasan dia ingin keluar dengan teman-temannya.

Maka sahabat baiknya itu memberitahukan kepadanya bahwa surga terdapat ditelapakkaki ibu, sebaiknya ibumu kau muliakan bukan dibentak. Sekarang segera mohin maaf dan cium kakinya.

Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis yang baik salah satu faktor dalam memberhasilkan bisni Anda. Untuk menghindarai kesalahpaham dengan kedua pihak maka diadakannya pertemuan sehingga adanya komunikasi yang baik, maka hubungan akan terus baik bahkan bisa membaik.

Tujuan komunikasi bisnis yakni mmberian informasi mengenai perkejaan, memebrikan persuasi untuk meyakinkan dan untuk mempengaruhi orang lain dan adanya kerjasama.

Contohnya ada teman Anda yang ahli dalam seni grafis, karen Anda dalam bisnis membutuhkan seni grafis maka Anda merecrutnya untuk bekerjasama dalam bisnisnya dengan meyakinkan bahwa untuk gajinya dan lain sebagainya.

Komunikasi Verbal

Komunikasi ini dilakukan dengan cara menulis pesan untuk penerima pesan. Dengan menggunakan media tulisan, semua ide gagasan akan keluar tersirat didalamnya. Bahkan tidak hanya tulisan saja,melainkan contohnya bisa berupa lukisan, karya seni, surat, grafik, gambar dan lain sebagainya.

Yang termasuk menjadi suatu hal yang digunakan untuk disampaikan kepada penerima dengan berupa hasil tangan sendri.

Teori Komunikasi Massa

Suatu informasi yang dibuat untuk kalayak publik atau umum. Sudah tidak sulit lagi pada zaman di era canggihnya teknologi. Informasi sudah dapat diakses untuk khalayak umum.

Contohnya seperti jika merasa kehilangan sepeda motor maka minta bantuan kepda teman-temen yang berada dimedia sosial facebook, instagram, serta whatspup, sehingga bermaksud untuk mendpatkan respon dari penerima pesan jika menemukan sepeda motr tersebut.

Teori Komunikasi Organisasi

Suatu informasi yang berasal dari organisasi tertentu. contohnya yakni seperti terdapat organisasi sebut saja organisai band yang ingin merecrut anggota baru karena untuk meneruskan bakat yang sudah ada serta menigkatkan bakat pada diri. Dan juga suatu informasi yang memuat spert lomba banjari ynag mengadakan IPPNU-IPNuU bululawang.

Dari paparan diatas, atau artikel diatas sudah dijelaskan macam macam teori komunikasi dan contohnya. Jadi kesimpulannya adalah bahwa komunikasi ini memiliki banyak macamnya yang paling berdominan adalah komunikasi interpersonal.

Baca Juga : Komunikasi Adalah

Hal ini karena teori komunikasi interpersonal yang dianggap paling menyesuikan berkembangnya teknologi sehingga dengan mudah kita dapat mengakses suatu hal yang ingin atau yang kita butuhkan. Terimaksih pembaca sudah menyimak dengan baik, semoga bermanfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *