Pengertian Reksadana dalam Bisnis Investasi & Contohnya

Pengertian Reksadana – Apa itu reksadana? Bagi para pembisnis pasti yang akan dikenal pertama kali adalah reksadana. Lalu reksadana ini apa? Reksadana adalah suatu hal yang menimbun modal usaha pembisnis bagi yang tidak memiliki waktu ataupun tidak memiliki pengalaman berusaha. Reksa dana ini dapat dilakukan bagi yang memiliki modal besar bahkan modal kecil juga. Cara terbaik dalam untuk memastikan keamanan finansial Anda dan keluarga di masa depan adalah dengan cara berinvestasi.

Dalam artikel ini akan membahas mengenai apa itu pengertian reksadana, investasi reksadana, reksadana online, reksadana terbaik, reksadana mandiri serta reksadana BCA. Tak ada salahnya teman teman meluangkan waktunya sejenak untuk membaca informasi mengenai reksadana, mengingat bisnis investasi reksadana ini sedang tren di Indonesia khususnya ditahun 2018 dan 2019. Berikut paparan lengkapnya bisa anda simak dibawah ini.

Pegertian Reksadana

reksadana adalah

Reksadana adalah sebuah tempat atau wadah yang berfungsi mengelola modal atau dana yang terkumpul dari beberapa investor pada investasi yang ada di pasar global melalui pembelian unit penyertaan reksadana dalam tenor waktu tertentu. Reksadana merupakan salah satu alternatif untuk invesatsi bagi pemodal, baik pemodal kecil maupun besar. Dan reksadana adalah investasi yang tidak memiliki banyak waktu serta tidak ingin menghitung resik atas investasi mereka.

Reksa dana ini bertujuan untuk menjadi wadah atau sarana untuk menghimbun dana dari masyrakat yang memiliki modal, yang memiliki keinginan untuk melakukan invesatasi, namun hanya memiliki waktu yang terbats. Serta harapannya dengan adanya reksadana ini dapat meningkatkan peran pemodal lokal untuk berinvestasi dipasar modal Indonesia.

Terdapat tiga hal yang menjadi pokok definisi reksadana adalah adanya dana dari masyarakat pemodal, diinvestasikan dalam potofolio efek dan dan dikelola oleh manajer investasi.
Sehingga dana dalam reksa dana adalah dana bersama para pemodal sedangkan, manajer investasi adalah pihak yang dipercayai untuk mengelola dana tersebut.

Apa itu Investasi Reksadana ?

Bagi Anda yang menjadi seorang pemula dalam berbisnis, maka investasi reksa dana salah satu pilihan yang terbaik. Dengan investasi reksa dana maka resiko yang dihasilkan relatif kecil, keuntungan yang didapatkan bisa lebih tinggi daripada sekedar menabung di bank. Berikut bebrapa keuntungan-keuntungan jika melakukan investasi reksa dana yakni dibawah ini sebagai berikut.

Keuntungan Investasi Reksadana :

reksadana

Biaya Terjangkau dan Besarnya Pengembalian

Mengapa reksa dana menjadi alasan terbaik bagi pembisnis pemula? Karena dengan investasi hanya sebesar Rp. 10.000 maka Nada dapat berinvestasi, bahkan kembali dengan uanga yang lebih besar. Karena jika Anda berinvestasi sama saja Anda mempercayai modal Anda dikelola oleh pengelola investasi. Dengan nilai awal yang rendah maka tidak perlu takut rugi.

Mudah Mengelola

Dengan adanya manjer invstasi, Anda tidak perlu repot-repot mengamati dan menganalisa pasar saham yang cukup rumit. Pengelola investasi reksa dana akan ditanggung seluruhny aoleh manajer investasi yang telah mendapat izin dari otoritas jasa keuangan yang tinggi. Jika dalam memilih reksa dana maka pilihlah pengelola investasi yang berpengalaman.

Lebih Aman

Dalam menginvestasi maka dijamin akan ama, karena uang tidak dipegang langsung oleh manajer investasi sehingga ditampung oleh rekening bank khususu yag dikenal dengan bank kustodian. Sehingga jangan khawatir jika investasi Anda dibawa kabur oleh manajer Investasi.

Resiko Kecil

Anda dapat mengurangi resiko secara otomatis dengan tidak hanya bergantung pada satu investasi saja, seperti jika Anda memilih untuk berinvestasi saham-saham individual. Jika Anda berinvestasi reksa dana di 20 perusahaan dan 5 diantaranya mengalami resiko loss, Anda tidak perlu khawatir akan kemungkinan belasan perusahaan lainnya tidak mengalami kerugian.

Transparan

Reksadana akan memberikan informasi perkembangan portofolio dan biaya secara berkelanjutan. Anda dapat memantau keuntungan, biaya serta resiko setia saat seccra online. Manajer investasi sebagai pengelola investasi juga harus melaporkan nilai aktiva bersih setiap hari disurat kabar dan menerbitkan laporan keuangan tengah tahunan secara teratur.

Likuiditas Tinggi

Kemampuan perusahaan untuk membayar dengan jangka waktu yang pendek. Semakin likuiditas tinggi pada perusahaan maka semakin perusahaan tersebut dapat dipercaya karenan membayar kewajiban jangka pendek dengan baik dan lancar.

Mudah tersedia

Investasi reksa dana dapat mudah ditemukan diberbagai tempat seperti langsung dari manajer keuangan, melalui agen yang bersertifikat. Selain itu juga dapat daftar investasi reksa dana dengan online. Penjualan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa hars menunggu lama. Keuntungan yang dapat dimiliki sebesar 7% dari inevstasi awal.

Contoh Reksadana Online

Dalam berinvestasi kini tak perlu repot-repot datang atau bertemu langsung kepda manjer investasi, cukup Anda menyiapakan jaringan internet Anda. Dan lakukan pendaftaran online hanya dengan membutuhkan waktu 5 menit saja, Anda sudah terdaftar dalam investasi. Di zaman yang serba online ini akan mepermudah Anda dalam melakukan segala hal terutama daftar menjadi investasi yang besar. Berikut ini terdapat empat tempat jual beli reksadana online terpercaya, diantaranya adalah :

  • Bareksa yakni slah satu tempat beli reksadana online yang dapat Anda pilih. Salah satu pionir yang berhasil memperleh lisensi dari otoritas jasa keungan sejak 2013.
  • Ipotfund yakni supermarket reksadana pertama online di Indnesia yang diluncurkan sejak 2014.
  • Buka reksa (bukalapak) yakni kerjasama dengan buka lapak yang berdiri sejak 2017
  • Tokopedia yakni mengikuti jejak bukareksa, maka disusullah reksadana melalui tokopedia reksadana yang diluncurkan sejak 2018

Jenis Jenis Unit Reksadana :

  • Reksadana Pasar Uang (Money Market Fund)
  • Reksadana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)
  • Reksadana Campuran (Balance Mutual Fund)
  • Reksadana Saham (Equity Fund)

Reksadana Terbaik

Reksadana terbaik ini terdapat 10 tempat yakni dipaprkan dibawah ini sebagai berikut:

  • Lautandhana equity plus
  • Simas syariah unggulan
  • Simas saham unggulan
  • Simas saham andalan
  • Archipelago equity growth
  • Majoris saham strategis indonesia
  • OSO sustainability fund
  • Sucorinvest sharia equity fund
  • OSO borneo equity fund
  • Prospera saham SMC

Reksadana Mandiri

Reksadana mandiri ini, hanya bekerjasama dalam hal reksadana, sehingga bank yang memenuhi syarat untuk dapat berinvestasi yakni salah satuny mandiri. Dalam mandiri terdapat manajer investai yang bekerjasama 9 perusahaan.

Reksadana BCA

Reksadana BCA juga merupakan salah satu bank yang memiliki syarat untuk berinvestasi. Reks dana adalah produk modal pasar dan bukan produk BCA dan BCA tidak bertanggung jawab atas segala tuntutan dan resiko atas pengelolaan portofilo reksa dana. Bank BCA hanya bertindak sebagai agen penjual efek reksa dana.

Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa reksa dana adalah suatu wadah atau sarana untuk para pembisnis yang tidak memiliki waktu luang untuk berbisnis, sehingga reksa dana menawarkan untuk berinvstasi dengan dikelola bagian manjer investasi dengan mengambil keuntungan baik untuk yang berinvestor maupun manajer investor. Dengan sayrat bank yang dapat diinvestasi adalah mandiri dan BCA.

Pendaftara reksadana dapat dilakukan dengan online, banyak sekali keuntungan dari reksa dana tersebut. Cocok sekali bagi pemula yang sedang bingung mencari penghasian dengan modal yang relatif rendah tidakmenjadi masalah.

Terimaksih pembaca telah membaca artikel diatas mengenai pengertian reksadana adalah, beserta keuntungan investasi reksadana beserta jenis jenis reksadana. Semoga bermanfaat untuk pembaca. Dan penulis mengucapkan mohon maaf jika dalam penulisan tidak jelas atau terdapat kesalahan dalam menulis materi investasi reksadana diatas, penulis mohon maaf yang sebasar-besarnya. Terimaksih sudah menyimak artikel diatas dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *