Pengertian Pencemaran Tanah – Penyebab, Dampak & Contohnya

Pencemaran Tanah – Istilah pencemaran dalam kehidupan kita mungkin sudah tidak asing lagi, pencemaran yang sering terjadi di lingkungan kita sejatinya adalah karena perbuatan kita sendiiri khususnya pada pencemaran tanah.

Pencemaran tanah sering kita lihat di jalan-jalan raya, membuang sampah tidak pada tempatnya, sehingga sampah menjadi menumpuk dan membuat pencemaran tanah. Banyak sekali kumpulan gambar pencemaran tanah yang bisa kita temukan di media internet.

Tanah merupakan bagian penting dalam kehidupan ini karena sangat menunjang kehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya di muka bumi ini. Tanah merupakan tempat tinggal makhluk hidup baik itu manuisa, tumbuhan dan hewan.

Bagaiamana jika di bumi ini tidak ada tanah? kita tidak bisa membangun rumah, berjalan, mendaki gunung, dan lain sebagainya. Dan bagaimana jika tanah tercemar atau terkena polusi tanah, maka dari itu karena adanya polusi tanah akan merusak tanah dan akan mengganggu makhluk hidup yang ada di bumi yang namanya pencemaran tanah.

Didalam artikel di bawah ini akan dibahas lebih mendalam mengenai pencemaran tanah. Paparan dalam artikel ini diantaranya pengertian pencemaran tanah, penyebab pencemaran tanah, dampak pencemaran tanah, gambar pencemaran tanah dan cara mengatasi pencemaran tanah. langsung saja yaa di bawah ini.

Pengertian Pencemaran Tanah

pencemaran tanah

Pencemaran tanah adalah kerusakan yang terjadi karena ulah manusia yang dengan segala aktivitasnya dengan berbagai bahan substansi kimia yang masuk ke dalam lapisan tanah sehingga mengubah struktur dan lingkungan di dalam tanah.

Sumber utama dari adanya pencemaran tanah ini adalah adanya kebocoran limbah kimia yang biasanya ada di pabrik baik itu bahan kimia organik maupun tidak. Biasanya di dalam pabrik tempat pembuangan limbah kimia ini terdapat di dalam bunker yang terdapat di dalam tanah sehingga sangat rawan terjadi kebocoran.

Jika bunker tersebut sudah bocor maka selanjutnya yang terjadi adalah masuknya berbagai zat kimia terebut ke dalam tanah dan merusak struktur tanah itu sendiri. Berikut dibawah ini penyebab pencemaran tanah yang bisa anda simak.

Penyebab Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah terjadi kebanyakan karena industri atau pabrik, manufaktur, industri kecil, dan industri perumahan. Yang menyebabkan yakni limbah yang dikeluarkan, limbah yang dikeluarkan ini biasanya berupa limbah cair dan limbah padat. Adapun penjelasan yang merinci mengenai limbah, berikut penjelasan di bawah ini:

  1. Limbah Padat

Limbah industri padat merupakan limbah buangan dari hasil industri pabrik berupa padatan, bubur atau lumpur yang berasal dari hasil pengolahan pabrik tersebut.

Misalnya limbah dari pabrik gula, kertas, rayon pulp, pengawet buah, ikan, daging, plywood dan lainnya. contoh pencemaran tanah yakni bekas dari penglorodan malam, sehingga sisa malam menjadi limbah padat

  1. Limbah Cair

Limbah cair adalah hasil pembuangan dari industri yang berbentuk cair conth limbah cair ini adalah seperti sisa dari pengolahan imbah industri kimia dan logam.

Limbah dalam bentuk cair ini sangat berbahaya terutama jika mengandung berbagai bahan kimia yang berptensi mengganggu kesehatan manusia. Contoh pencemaran tanah yakni pada indutri batik misalnya hasil dari mewarna kain, sisianya akan dibuang ke sungai atau ke penampungan limbah.

  1. Limbah Anorganik

Limbah anorganik adalah jenis limbah yang tidak mampu mengalami penguraian yang dilakukan oleh mikroorganisme lainnya seperti jamur dan bakteri. Contoh dari limbah anorganik misalnya adalah jamur dan bakteri.

Contoh dari limbah anarganik ini misalnya adalah limbah kantong plastik, kaleng bekas, botol minuman, bekas botl air mineral dan lainnya. limbah anorganik ini memerlukan tindakan pembuangan yang harus diatur sedemikian rupa supaya tidak membuat kerugian pada tanah dan juga makhluk hidup lainnya karena tanah menjadi tercemar oleh adanya limbah ini.

  1. Limbah Organik

Limbah organik adalah limbah yang lebih ramh dibandingkan dengan limbah anorganik. Hal ini terjadi karena limbah organik mampu diuraikan kembali oleh mikroorganisme di dalam tanah sehingga tidak terllau bahaya.

Namun perlu di ingat bahwa jika terlalu banyak sampah organik di dalam tanah maka penguraiannya pun akan semakin lama dan hal ini membuat pertumbuhan berbagai tanaman didalamnya menjadi lebih lambat dan hal ini tidak baik untuk lingkungan.

  1. Limbah Industri

Limbah industri adalah limbah yang berasal dari industri kecil, perumahan, atau industri yang berskal besar seperti pabrik. Limbah ini bisa juga berasal dari dunia usaha hotel, rumah makan, pasar, perdagangan, tempat wisata, instansi pemerintah dan swasta. Limbah yang dihasilkan bisa  berupa limbah padat maupun limbah cair dan oganik maupun anorganik.

  1. Limbah Pertanian

Limbah dari hasil pertanian mampu menyebabkan pencemaran tanah. misalnya saja adalah dengan penggunaan pupuk atau pestisida pada pertanian sehingga menyebabkan tanah menjadi tercemar.

Jika penggunaan pertisida dan pupuk tersebut sudah melebihi wajar maka akan meyebabkan hal yang tidak diiinginkan termasuk rusaknya hasil tanaman dan juga hasil tanaman yang tidak optimal lagi.

Dampak Pencemaran Tanah

Berikut ada beberapa bentuk dari dampak pencemaran tanah, diantaranya sebagai berikut:

1. Dampak pada kesehatan

adanya pencemaran tanah sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Seberapa besar dampaknya pada kesehtan sebenarnya juga sangat tergantung pada jenis polusi serta seberapa saring dan banyak polusi yang terpapar ke dalam tubuh.

Semakin banyak dan sering polusi serta seberapa sering dan banyak polusi yang terpapar ke dalam tubuh.  Maka dampakny akan timbul penyakit yang akan semakin besar. Adapun berbagai jenis resiko polusi dan penyakitnya sebagai berikut:

  • Kromium
  • Zat timbale
  • Benzene
  • Merkuri
  • Sikoldenia
  • Karmabat
  • Klorin
  • Gangguan pada penglihatan, pendengaran, pada kulit, pusing, letih, lelah dan gejala penyakit lainnya.
  • Dampak pada ekosistem

Tanah merupakan bahan yang sangat sensitif dan sangat mudah mengalami perubahan kandungan kimiawi dan struktur didalamnya meskipun itu hanya sedikit saja jumlah dari zat kimia yang masuk ke dalam tanah.

Perubahan kandungan kimia di dalam tanah ini akan mengakibatkan perubahan kandungan kimiawi dan struktur didalamnya meskipun itu hanya sedikit saja jumlah dari zat kimia yang masuk ke dalam tanah.

Perubahan kandungan kimia di dalam tanah ini akan mengakibatkan perubahan metabolisme pada organisme yang hidup di dalam tanah. akibat dari hal tersbut tidaklah sepele yaitu bisa memicu adanya putusnya rantai makanan.

2. Dampak pada pertanian

Dampak pencermaran tanah pada pertanian akan dapat terlihat jelas terutama pada perubahan metabolisme tanaman dan akhirnya dapat terlihat langsung dari adanya penurunan hasil pertanian itu sendiri.

Dengan hal tersebut mengakibatkan tumbuhan tidak dapat tumbeh dengan optimal sehingga tanah tersebut menjadi rawan mengalami erosi tanah karena tidak ada penahannya lagi.

Cara Mengatasi Pencemaran Tanah

Berikut paparan mengenai langkah langkah dalam mengatasi pencemaran tanah yang terjadi di lingkungan sekitar kita :

  1. Memilah sampah yang mudah terurai dan tidak mudah terurai
  2. Menggunakan sampah organik yang muda terurai sebagai pupuk kompos
  3. Menggunakan kembali sampah yang sulit terurai, seperti membuat kerajinan tangan
  4. Mengadakan penyuluhan mengenai pengelolaan sampah pada masyrakat
  5. Membuang sampah pada tempat yang telah disediakan
  6. Mengurangi penggunaan pestisida buatan atau menggantinya dengan pestisida alami
  7. Mengolah limbah industri sebelum di buang

Kumpulan Gambar Pencemaran Tanah:

  • Gambar pencemaran tanah akibat lumpur
    pencemaran tanah akibat lumpur
  • Gambar pencemaran tanah akibat sampah anorganik
    pencemaran tanah karena sampah
  • Gambar pencemaran tanah dari limbah pabrik
    pencemaran tanah limbah pabrik
  • Gambar pencemaran tanah dari pestisida
    pencemaran tanah karena pestisida

Baca juga : Pencemaran lingkungan

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat bagi pembaca. Mohon maaf jika terjadi keslahan dala penulisan artikel mengenai materi pencemaran tanah, yang meliputi pengertian dan definisi pencemaran tanah, penyebab terjadinya pencemaran tanah, cara mengatasi pencemaran tanah, dan tentunya kumpulan gambar pencemaran tanah 2021. Penulis mengucapkan mohon maaf dan terimakasih.