Artikel Pencemaran Lingkungan : Pengertian, Penyebab & Dampaknya

⏩ Mengenal pengertian apa itu pencemaran lingkungan⭐ penyebab, dampak, dan macam macam pencemaran lingkungan + contoh gambar☑️

Sudah dipastikan Anda yang sedang membaca ini tidak asing dengan yang namanya pencemaran lingkungan. Semakin bekembangnya zaman, pembangunan juga semakin meluas.

Sehingga tempat dimana pohon-pohon atau tumbuhan menjadi korban untuk tempatnya menjadi gedung-gedung tinggi, entah itu tempat industri maupun tempat kerja atau lahan pekerjaan. Pencemaran lingkungan berawal dari pembangunan, sehingga kurangnya pepohnan serta pembuangan limbah-libah industri.

Berikut sub-sub yang akan dibahas yakni pengertian pencemaran lingkungan, macam-macam dan dampak, serta gambar pencemaran lingkungan. Langsung saja simak di bahas ini dengan seksama ya.

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pencemaran adalah suatu hal mengganggu aktivitas manusia, dengan menyerang tubuh kita sehingga menimbulkan suatu reaksi. Sedangkan pengertian lingkungan jika terpisah dengan pencemaran maka sedikit arti yang berbeda.

Pengertian lingkungan adalah suatu hal yang berhubungan dengan sosial dan lebih kepada sekitar kita. Selai itu lingkungan dalah suatu hal yang berada disekitar kita.

Jadi pencemaran lingkungan adalah suatu hal yang mengganggu orang-orang sekitar dengan menimbulkan suatu reaksi serta melibatkan sosial atau makhluk hidup seperti manusia da merugikan manusia itu sendiri.

Pencemaran lingkungan sudah sering terjadi dimana-mana conthnya seperti sungai yang sudah tercampuri oleh limbah tekstil pewarna sintesis, sungai yang tercampur dengan oli atau bahan minyak dari pabrik tertentu, asap dari pabrik sehingga menjadikan polusi udara, dan lain sebaginya.

Macam Macam Pencemaran Lingkungan

Pencemaran pada umumnya ada tiga yakni pencemaran air, pencemaran udara dan pencemaran tanah. Berikut penjelasnnya di bawah ini:

a. Pencemaran Air

Suatu kondiisi dimana terganggunya air sehingga melewati batas normal pada umumnya. Air yang tercemar disebabkan oleh sebuah zat kimia, atau polusi yang asuk dalam air. Polusi ini dinataranya sebagai berikut:

  • Limbah industri
  • Limbah rumah tangga
  • Limbah pertanian

b. Pencemaran Udara

Pencemaran udara baiasnya terjadi karena pembakaran hutan yang dilakukan secara ilegal, bukan hanya itu saja melainkan kendaraan sepeda motor atau mobil serta asap rumah tangga. Beberapa jenis polusi yang menyemari udara sebagai berikut:

  1. Karbon dioksida atau CO2 yaitu gas yang dihasilkan oleh hasil pernapasan dari manusia, pembungkusan bahan organik, dan pelabukan dari batuan.
  2. Karbon monoksida atau CO yaitu suatu gas yang diperoleh dari berbagai proses pembakaran. Seperti halnya karbondioksida, karbonmonoksida ini juga dapat diproduksi mellaui bebrapa aktivitas seperti pernafasan makhluk hidup, hasil pembakaran, polusi kendaraan bermotor dan lainnya.
  3. Hidrogen atau H2S yaitu suatu gas yang dapat timbul karena adanya pembakaran atau pemanasan belerang
  4. Sulfur dioksida yaitu gas yang dapat timbul karena adanya pembakaran belerang
  5. Klorfluorokarbon (CFC) yaitu digunksn sebsgi bahan pendingin pada AC dan kulkas. Selain itu CFC dapat digunakan untuk alat penyemprot rambut dan jug apenyemprot nyamuk.

c. Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah adalah suatu hal yang mengganggu aktivitas manusia dengan memperlihatkan sampah yang berceceran di permukaan tanah. Pencemaran tanah bisa disebabkan oleh pembuangan sampah yang tidak dikelola dengan baik.

Selain itu pencemaran tanah bisa disebabkan oleh kebocoran limbah cair dari industri serta tumpahan minyak, zat kimia, dan limbah yang lainnya.

Jika tanah sudah tercemar oleh suatu polusi, maka polusinya tersebut akan menghadap ke dalam tanah sebagai zat yang sangat beracun yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Polusi dapat  dibagi menjadi dua, yakni polusi dapat di uraikan Selain Seperrti plastik-plastik bekas makanan yang dibuang sembarangan. Beberapa jenis polusi yang menyebabkan pencemaran tanah sebagai berikut:

Polusi bisa dibedakan menjadi dua jenis yakni sebagai berikut:

  1. Polusi dapat diuraikan oleh alam, conthnya seperti kayu, atau bahan sisa makanam serta sampah-sampah yang mudah hancur, dedauanan.
  2. Polusi yang tidak dapat diurai oleh alam contohnya seperti logam, plastik, kaleng dan lain sebagainya.

Gambar Pencemaran Lingkungan

gambar pencemaran lingkungan

Pencemaran lingkungan sudah terbukti terlihat di ibukot Jakarta, yang disepanjang jaalan sungai selalu ada. Tidak hanya itu, jauh-jauh dari sehari yang lalu, setelah banjir melanda Kota Malang, mengalami Banjir serta sampah yag berserakan mulai memuntahkan diluar mulutnya.

Sehngga terbukti bahwa orang-orang masih saja membuang sampah sembarangan, sehingga menimbun banyak sampah, banjir jadi korban tuduhan, padahal manusia sendiri yang emlaukan hal tersebut, akrena tidak mungkin ada asap bila tak ada api. Berikut contoh gambar pencemaran lingkungan.

Dampak Pencemaran Lingkungan

  1. Punahnya spesies hewan seperti ekosisitem di air dan di darat. Pastinya beberapa hewan yang berada ditempat tercemari maka otmatis mereka sekitanya kena dan mengalaji keracunana. Dan tidak sedikit mati karenanya, masih bisa diobati.
  2. Peledakan hama penggunana insektisida bisa pula membunuh predator pada rantai makanan, karena predator punah, maka serangga akan berkembang dengan pesat tanpa terkendali
  3. Gangguan keseimbangan lingkungan, punanhya spesiestertentu bisa merubah pla interaksi di dalam suatu ekosisitem. Akibatnya, keseimbangan lingkungan akan menjadi terganggu dan tidak stabil
  4. Kesuburan tanah berkurang, penggunaa insektisida bisa mematikan hewan tanah. Hal ini dapat menyebabkan kesuburan tanah menurun. Selain itu menggunakan pupuk secara berlebihan dapat menyebabkan tanah menjadi asal keluarga hal ini, untuk mengatasi hal tersebut maka hendaknya pemupukan dengan menggunakan tanah.
  5. Terbentuk lubang ozon, merupakan salah satu masalah dalam atau dari pemanasan global. Hal ini disebabkan oleh bahan pencemar yang bisa merusak lapisa ozon seperti CFC.
  6. Efek rumah kaca, gas CO2 yang dihasilkan dari proses pembakaran akan meingkatkan kadar CO2 pada atmsfer bummi. Hal ini menyebabkan suhu bumi akan meningkat.

Cara Mencegah Pencemaran Lingkungan

Agar tidak melakukan hal tersebut, maka hal ini yang harus dilakukan. Cara mencegah pencemaran lingkungan, diantaranya sebagi beikut:

  1. Menempatkan daerah insudtri atau pabrik-pabrik besar jauh dari daerah pemiukiman
  2. Pembuangan daerah industri aharus diatur sehingga tidak lagi dicemari lingkungan
  3. Pengawasan terhadap penggunaaan jenis-jenis peptisida
  4. Memperluas gerakan penghijauan dan reboisasi hutan yang gundul
  5. Tindakan tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan
  6. Membuang sampah pada tempatnya
  7. Memberikan kesadaran kepada masyarata tentang arti keghidupan

Dalam artikel pencemaran lingkungan maka dapat disimpulkan bahwa Arti dari pencemaran lingkungan, yakni suatu kerusakan yang terjadi berawal terbangunnya bangunan industri kreatif namun merugikan, kadar kualitas benda tersebut tidak bermutu.

Ragam Informasi Lainnya :
Siklus Hidrologi Siklus Air
Hujan Asam Siklus Nitrogen

Terimakasih kepada pembaca yang sudah berkunjung, dan mau membaca secara seksama, semoga bermanfaat dan dapat dimengerti. Mohon maaf bila ada salah kata dalam hal penulisan artikel pencemaran lingkungan yang tidak disengaja oleh penulis. Terimaksih, semga sukses dan penulis membutuhkan kritik dan saran, agar belajar lebih giat lagi ya.