Konsolidasi Adalah ? Arti Konsolidasi Menurut KBBI & Contohnya

⏩ Konsolidasi Adalah? Mengenal pengertian apa itu konsolidasi menurut KBBI ⭐ Jenis ☑️ Dasar Hukum ☑️ Contoh Konsolidasi Sosial & Bisnis ☑️

Siapa yang tidak asing dengan kata konsolidasi? Mungkin mayoritas banyak yang tidak begitu mengetahui apa itu konsolidasi. Arti konsoliadsi yakni dua usaha yang menjadi satu dengan tujuan yang sama.

Jika diuraikan menjadi, Konsolidasi adalah usaha yang digabung sehingga memperoleh keuntungan pada kedua pihak, yang memilki tujuan bersama dan untuk meningkatkan kinerja bersama.

Hal ini tidak jauh dengan bau-bau dari sebuah organisasi atau usaha yang ingin cepat dalam proses berkembangnya suatu organisasi, sehingga seperti mencari kerjasama namun tetap dengan tujuan yang saling berhubungan.

Arti Apa Itu Konsolidasi ?

konsolidasi

Konsolidasi adalah gabungan usaha-usaha dengan menggandeng misi dan misi yang sama, jika diuraikan, konsolidasi  adalah penggabungan dua usaha dengan membubarkan usaha yang lama lalu membentuk usaha yang baru.

Istilah lainnya yakni konsolidasi adalah bentu kerjasama untuk memulai yang baru dan merencanakan mulai dari awal hingga akhir dengan memilki visi dan misi yang sama. Dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja kerja, kualitas hasil kerja, dan mempercepat perkembangan usaha.

Mengapa dilakukannya konsolidasi? Biasanya memiliki masalah yang serius dalam usahanya, dinataranya yakni masalah kesehatan, masalah permodalan, masalah manajemen, lemah dalam pemasaran dan lain sebagainya.

Hal ini menjadi pemicu mengapa adanya konsolidasi, sehngga dengan adanya konsolidasi ini, akan menjadikan usaha menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya. Jika dalam melakukan konsuldasi lebih baik bergabung dengan usaha yang memiliki managemen atau permasalahan yang lebih baik daripada usaha Anda sebelumnya.

Ragam Jenis Konsolidasi

Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa dari keseluruhan, konsolidasi adalah dua usaha atau lebih yang melakukan penggabungan perihal masalah–masalah tertentu sehingga membuat usaha baru.

Usaha baru itu diiringi dengan syarat usaha sebelumnya sudah dibubarkan, dengan menguatkan satu sama lain atau menjadi pelengap bagi usaha yang memilki permsalahan yang sangat parah. Berikut jenis jenis yang bisa anda simak :

Konsolidasi Tanah

Konsolidasi tanah yakni penataan kembali penguasaan dan pengunaan tanah serta usaha pengadaan tanah untuk kepentingan pembangunan, dari kebijakan pemerintah. Tujuan konsolidasi diadakan karena untuk kpentingan masyarakat agar tatanan tanah tertib dan teratur.

Namun dengan kebijakan ini pemerintah tidak semena-mena menggunakan tanah. Namun pemerintah akan melakukan kesepaktan bersama untuk menyerahkan kembali kepada pemilik Hak atas tanah baik secara langsung maupun tidaklangsung.

Secara langsung artinya hak atas tanahakan dibrikan kepada yang konsolidasi tanah sesuai kesepakatan yang telah disepakati. Diserahkan tidak langsung artinya tanah dijadikan sarana dan prasarana umum, misalnya jalan umum, jembatan, toilet umum, taman bermain, taman olahraga, taman bunga, perpustakaan umum dan fasilitas lain yang bermanfaat untuk masyaraat luas.

Konsolidasi Sosial

Berbicara mengenai konsolidasi tidak lepas dengan yang namanya bisnis, dan sosial. Konsolidasi sosial adalah penguatan, memperkuat, memperteguh, atau menghubungkan keanggotaan masyarakat.

Sebenarnya banyak sekali pengertian dari konsolidasi, dengan imbuhan sosial maka tidak lepas dengan masyarakat. Konsolidasi adalah bisa dibilang dengan penggabungan laporan keuangan konsolidasi beberapa perusahan bergabung menjadi satu.

Laporan keungan knsolidasi yang dimaskud adalah sehingga modal-modal yang telah diperolah dari usaha sebelumnya dapat diinvestasikan kepada usaha yang baru namun tidak mengambil modal dari orang lain, sehingga menggunakan modal dari anggota baru itu sendiri.

Tujuan dari konsolidasi sosail ini yaitu untuk menguatkan anggta-anggota masayarakat agar lebih solid dan erat, namun sosial berbeda dengan bisnis.

Pada konsolidasi soial ini disebabkan adanya persamaan antar individu pada kelompk sosial seperti organisasi, karang taruna, atau kelompok-kelompok kecil lainnya yang bersifat kumpulan dari anggota-anggota masyarakat.

Bisa juga diartikan bahwa suatu kelompok saling bertumpang tindih sehingga membentuk kelompok baru. Dalam Indonesia sering terjadi konsoliadi sosial cntohnya saja adanya suku budaya yang meganut agama tertentu yang lebih dominan, sehingga masyarakat menganut agama yang dominan tersebut.

Hal ini juga terjadi dikalangan mahasiswa. karena berasalah dari suku yang sama atau kota yang sama di setiap UKM, maka terbentuk knsolidasi baru. Sebuah konsolidasi kelompok yang saling terikat satu sama lain.

Dalam konsolidasi perusahaan yang melakukan konsolidasi yakni sebagai berikut bank Bapinso, Bank Dagang Negara, SmartFren dan lain sebagainya. Tentunya dalam melakukan penggabungan ada hukum yang berlaku megenai konsolidasi.

Dasar Hukum Konsolidasi :

  1. Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 Tnetang perseroan terbatas
  2. Peraturan pemerintah nomor 27 tahun 1998 tentang penggabungan, peleburan dan pengambilalihan perseroan terbatas
  3. Peraturan pemerintahan nomr 57 tahun 2010 tentang penggabungan atau peleburan badan usah adan pengambialihan saham perusahaan yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

Contoh Konsolidasi

konsolidasi adalah

Contoh Konsolidasi Sosial

  1. Banjari didaerah watugong merupakan kumpulan dari anggota pecinta banjari yang didirikan dari brbagai RW dengan memiliki keahlian masing-masing anggota yakni variasi nada, variasi lagu, variasi ketukan, sehingga organisasi ini merupakan kumpulan naka-anak yang ingin sharing ilmu mengenai banjari dan juga melakukan kompetisi untuk menguji seberapa jauh hasil belajar yang dapat mereka raih saat ini.
  2. Karang taruna watugong yang beranggotakan dari berbagai RT. Sehingga menjadi karang taruna kelurahan, dengan tujuan untuk kumpulan anak muda untuk menyambung silaturajmi dan banyak teman, serta mencari pengalaman dalam berorganisasi pada orang-orang yang lebih tua.

Contoh Konsolidai Sosial Ras

  1. Ikatan mahasiswa Bima yakni merupakan anggota mahasiswa dai berbagai universitas namun berada dikta kelahiran yang sama yakni BiMa, mereka merupakan mahasiswa perantau di Kota malang
  2. Ikatan bahasa Jawa yakni kumpulan dari orang-orang yang ingin belajar berbahasa Jawa dari daerah-daerah lain, diantaranya Sidoarjo, Bojnegro, tuban, Nganjuk, Malang, jakarta, Bandung, Kasembon, pemalang yang berpusat di Kota Surabaya

Contoh Konsolidasi Hobi:

  1. Maca lan belajar merupakan kelompok mahasiswa yang berasal dari berbagai kota menyukai baca buku dan berdiskusi
  2. Penulis Aku merupakan sebuah komunitas mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah, mereka menyukai menulis, mewawancara, dan mengarang sebuah cerita
  3. Nyeni merupakan komunitas anak malang pecinta seni grafis yang berasal dari kayu sehingga selalu menggunakan satu teknik saja yakni cukil
  4. Sanggar batik merupakan tempat atau wadah bagi anaka-anak seni yang pencinta batik, tidak hanya anak seni melainkan anak dari luar senipun masih ada yang berminta mengeani batik. Dalam kpmunitas ini banyak mahasiswa yang berasal dari luar jawa, kaeran kurangnya pengetahuan mereka mengenai budaya warisan nenek moyang yang telah diwariskan oleh UNESCO pada tanggal 02 Oktober 2009.
Baca Juga : Regulasi Adalah

Sehingga dengan konsolidasi ini dapat membantu dalam mengembangkan usaha yang ingin dikembngkan diwilayah tersebut. Konsolidasi adalah salah satu solusi bagi usaha yang bangkrut, atau mmebutuhkan usaha yang baru. Konsolidasi adalah pemersatu bagi yang tidak menyatu dan membentuk menjadi lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *