Komunikasi Adalah? Pengertian, Proses, dan Ilmu Komunikasi

⏩ Komunikasi Adalah? Berikut pengertian apa itu komunikasi menurut KBBI ⭐ Ilmu komunikasi ☑️ Jenis Jenis ☑️ dan Proses Komunikasi ☑️

Siapa sih yang tidak kenal dengan kata komunikasi? Semua pasti sudah mengenal yang namanya komunikasi. Komunikasi memiliki arti yang luas. Mungkin sebagian orang mengira bahwa komunikasi adalah sesuatu hal yang memiliki hubungan entah sapaan maupun dua orang atau lebih yang masih memiliki suatu hubungan hingga tak terbatas.

Ya memang benar komunikasi yakni suatu kata yang menyebutkan bahwa dua orang atau lebih yang masih memilki suatu hubungan yang baik ataupun buruk. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa itu komunikasi, pengertian komunikasi, proses komunikasi, ilmu komunikasi serta alat komunikasi.

Pengertian Apa Itu Komunikasi

komunikasi adalah

Pengertian komunikasi adalah suatu proses atau kegiatan yang menghubungkan dua orang atau lebih. Komunikasi adalah suatu pemberitahuan atau saling bertukar pikiran antar dua orang atau lebih. Atau bisa diartikan dengan saling bertukar informasi kepada satu orang atau orang lain tertentu.

Jadi kesimpulan dari paparan diatas adalah pengertian komunikasi adalah suatu hal atau aktivitas yang membuat orang saling bertukar pendapat atau bertukar pikiran satu orang dengan yang lain. Definisi komunikasi juga bisa diartikan dengan hubungan atau pertalian.

Sebagai makhluk sosial kita tidak dapat menghindari yang naman ya komunikasi, secara tidak sadar dalam keseharian kita selalu berkomunikasi entah itu dengan tetangga, teman, sahabat, pasangan, anak, istri, suami, saudara, dan lain sebagainya.

Maka dari itu intinya adalah komunikasi akan selalu ada ketika masih ada kehidupan di muka bumi ini. Dari situlah perlu kiranya kita mengetahui apa pengertian komunikasi , fungsi komunikasi, dan juga tujuan komunikasi.

Tujuan Komunikasi

Bayangkan saja jika kita tidak ada komunikasi antara satu dengan yang lain. Maka tidak akan ada sosial media yang selama ini kita gunakan seperti facebook, whatsaap, email, line, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, jika kita tidak ada komunikasi maka tidak ada tukar pikirian dan tidak ada yang saling peduli, hanya acuh tak acuh. Dan tidak mungkin jika kita hidup tanpa komunikasi karena kita memang diciptakan menjadi makhluk sosial yang artinya tidak bisa hidup sendiri, pasti saling membutuhkan orang lain.

Tujuan dari komunikasi ini adalah mengungkapkan emosi, pengendali perilaku anggota, membangkitkan motivasi, pertmbangan mengambil keputusan, silaurahmi yang tetap terjaga, tidak ada kesalahpahaman.

Proses Komunikasi

Proses komunikasi yakni dimana sebagai perantara antara satu orag dengan rang lain, atau komunikator yang menyampaikan kepada komunika, sehingga ada kesamaan makna antara komunikator dengan komunikanya.

Proses komunikasi ini bertujuan untuk menghubungkan orang dengan orang lain, seperti berbicara prosesnya terletak dari penyampaiannya dalam berbicara dan orang lain menerima komunikasi tersebut.

Proses komunikasi juga saja halnya dengan suatu proses penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak lainnya. Pada dasaranya komunikasi tidak hanya disampaikan oeh lisan melainkan juga bisa dengan geaak gerik tanya bagi yang tidak mengerti bahasa yang disampaikan atau tidak paham apa yang dibicarakan entah itu karena perbedaan bahasa atau memang memilikii disabilitas.

Komunikasi akan berjalan dengan cara apapaun. Komunikator yakni pihak yang melakukan pengiriman pesan atau yang memulai pembicaraan jika secara langsung atau bertatap muka. Sedangkan komunika adalah pihak yang me   nerima atau memperoleh pesan tersebut.

Ilmu Komunikasi

Dalam berkomunikasi kita harus memiliki ilmu komunikasi, salah satunya yakni sopan terhadap lawan bicara walapun lebih tua ataupun tidak kita harus tetap menghormati lawan bicara.

Mendengarkan dengan baik, dan jika berbicara menghadap kepada orang yang diajak berbicara, mengucapkan salam terlebih dahulu sebelum memulai pembicaraan, berbicara dengan kata yang muda dipahami oleh lawan bicara, tidak tergesa-gesa dalam berbicara.

Namun dalam berkomunikasi ada yang formal dan non formal. Yakni non formal atau tidak resmi biasanya jika kita berbicara kepada sahabat, teman dekat yang mungkin sudah terbiasa menggunakan bahasa selain bahsa umum seperti bahasa Indonesia.

Namun jika bahasa formal yang digunakan yakni bahasa Indonesia yang dimengerti oleh kalangan umum atau bersifat resmi. Sehingga pentingnya ilmu komunikasi dalam bermasyarakat, agar kita dapat meuda berkmunikasi dengan orang lain.

Kita tahu bagaimana mengendalikan serta memotivasi seseorang jika memiliki ilmu komunikasi. Maka ilmu komunikasi sangatlah berperan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis Alat Komunikasi

proses komunikasi

Ilmu komunikasi sangat berlaku sekali pada alat kmunikasi yang menjadi perantara pemberi dan penerima informasi atau pesan Banyak sekali alat-alat yang digunakan kmunikasi, mulai dari tradisional hingga sekarang ini. Alat komunikasi seiring berkembangnya zaman semakin canggih. Dibawah ini akan dipaparkan apa saja alat komunikasi tradisional dan alat komunikasi modern saat ini, sebagai berikut:

  1. Alat komunikasi tradisional

Alat tradisonal ada banyak sekali macamnya, berikut penjelasan lengkapnya. Ada yang namanya yakni sebut saja kentongan. Kentngan adalah alat komunikasi yang terdapat dikalangan masyarakat untuk mengungkapkan bahwa terjadi sesuatu disekitar masyarakata atau lingkungan daerah tersebut.

Sehingga kentongan ini menjadi media komunikasi masyarakat atau sebagai isyarat jika terdapat mara bahaya. Ada lagi alat komunikasi tradisional yakni daun lontar, alat ini digunakan sebagai media menulis pada zaman dahulu.

Sebelum adanya kertas, pada zaman dulu menggunakan daun lontar untuk menulis pesan atau pengumuman kepada orang lain. Ada lagi, yakni merpati pos, keercayaan orang terdahulu bahwa merpati dapat menjadi tukang pos untuk mengirim surat pada jarak jauh.

Dan tidak kalah tradissioalnya yakni telepon kaleng, yang dihubungkan dengan benang antara kaleng satu dengan kaleng satunya, namun jarak untuk berkmunikasi hanya sampa maksimal 10 meter. Prasasti juga merupakan alat tradisional yang digunakan untuk tanda suatu tempat.

Gong yakni alat yang digunakan untuk meresmikan suatu acra, sehingga dengan membunyikan gong tersebut seperti memberikan suatu informasi bahwa sudah diresmikan suatu hal yang telah disepakati. Dan masih banyak lagi, untuk selanjutnya yakni akan dijelaskan aa saja alat komunikasi pada zaman modern.

  1. Alat komunikasi modern

Alat komunikasi pada zaman modern ini, yan sering kali kita gunakan dalam sehari-hari yakni telepon genggam. Semakin berkembangnya zaman, telepon genggam menjadi alat yang mempermudah komunikasi jarak jauh dimanapun kita berada dapat terhubung atau berkkomunikasi kepada seluruh dunia.

Televisi juga termasuk alat komunikasi yang modern, dengan adanya berita yang selalu update, tampil dari pagi, siang dan malam. Koran juga merupakan alat komunikasi modern, bagi yang suka membaca.

Dalam koran banyak informasi yang mungkin hanya pada wilayah tersebut saja, namun jika televisi infromasi yang di dapat dapat dari seluruh penjuru dunia dengan adanya bantuan antena parabola.

Radio yakni hanya dapat didengarkan saja, namun memiliki infrmasi yang sangat terpercaya. Kita dapat ikut serta dengan radio terhubung dari telepon dengan menghubungi nmor telepn yang telah disediakan leh pihak radio. Serta masih banyak lagi yang menjadi alat komunikasi modern.

Nah, dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian komunikasi adalah suatu hal yang menghubungkan orang satu dengan orang lain, dengan menggunakan alat perantara dalam menyampaikannya entah itu berupa lisan, tulisan maupun hal lainnya.

Baca Juga : Konsolidasi Adalah

Sehingga komunikasi yakni memberikan informasi atau bertukar pendapat satu sama lain dengan orang lain. Sudah faham kan maksud dari pengertian dan proses komunikasi diatas ?

Terimakasih sudah menyimak dengan baik wahai pembaca, semoga bermanfaat untuk pembaca dan dapat digunakan sebagai referensi tugas tugas ilmu komunikasi anda, maaf jika dalam penulisan informasi pengertian komunikasi diatas ada yang salah, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *