Proses Terjadinya Hujan Asam + Pengertian, Dampak & Penyebabnya

⏩ Mengenal pengertian apa itu hujan asam lengkap dengan contohnya⭐ Gambar proses siklus hujan asam beserta dampak dan penyebabnya☑️

Siapa yang tidak tau mengenai hujan? Semua manusia pasti sudah tau apa itu hujan. Hujan merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi karena suatu sebab dan adanya akibat.

Apakah Anda pernah mendengar hujna asam? Jika belum, yuk kita belajar bersama-sama melalui artikel yang akan kami paparkan berikut ini. Sebelum dalam pembahasan hujan ini, berikut paparan yang akan dibahas yakni definisi hujan asam, proses terjadinya , penyebab, dan dampaknya.

Pengertian Hujan Asam

gambar hujan asam

Hujan asam adalah suatu kejadian alam dimana terjadinya interaksi uap air yang kemudian lama kelamaan air tersebut jatuh namun dengan campuran kadar karbondioksida menjadi asam.

hujan asam adalah dengan sedemikian rupa bentuk hujan yang memilki tingkat keasaman atau pH di bawah normal, yakni di bawah 5,6. Selain itu hujan ini adalah suatu hujan yang memilki karakteristik dari hujan lainnya.

Padahal secara umum, hujan normal yang turun di Indonesia memilki pH 6. Hujan ini terjadi karena adanya kandungan karbondioksida atau CO2 yang larut dengan air hujan tersebut dan memiliki bentuk sebagai asam lemah.

Ciri-ciri dari hujan asam yakni memilki pH di bawah kadar normal,yakni di bawah lima koma tujuh, terjadi karena adanya peningkatan kadar asam nitrat dan sulfat yang ada di dalam polusi udara, awalnya terjadi karena disebabkan oleh peningkatan emisi sulfur diksida dan nitrogen oksida yang ada di atmosfer.

Meningkatkan seseorang terserang gangguan jantung dan juga paru-paru, membuat kuliat menjadi gatal-gatal dan memerah, dan beresiko menyebabkan pusing bagi orang yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah.

Proses Terjadinya Hujan Asam

Sebelum membahas mengenai proses hujan ini, penulis akan membahas terlebih dahulu mengenai proses terjadinya hujan. Proses terjadinya hujan, berawal dari teriknya sinar matahari yang megupkan air laut ataupun sungai.

Kemudian uap naik menjadi awan, serta awan terkumpul menjadi menggumpal berbulan-bulan dengan bantuan angin, sehingga ketika awan menahan air yang sangat berat, akhirnya jatuh seperti butir-butir air sehingga terjadilah hujan. Namaun bagaiamana proses terjadinya?

Sama halnya dengan proses terjadinya hujan biasa, berikut penjelasannya  mengenai proses terjadinya hujan asam di bawah ini:

  1. Di bumi terdapat beragam aktivitas baik aktivitas alam maupun aktivitas manusia yang menimbulkan berbagai macam gas penyebab hujan ini, seperti karbondioksida, karbon monoksida, sulfur dioksida, dan hidrogen sulfur.
  2. Kemudian di bumi juga terjadi penguapan oleh berbagai macam sumbe air yang disesbakan karena pemanasan sinar matahari dan menghasilkan uap air banyak.
  3. Setelah itu uap air yang timbul dari pengembunan tersebut akan bertemu dengan gas-gas yang menyebabkan terjadinya hujan tersebut. Yakni karbondioksida dan karbonmonoksida dengan uap air serta hidrogen sulfur dan sulfur oksida denga uap air.
  4. Adanya pertemuan uap air dengan karbondioksida atau karbonmonoksida ini akan menghasilkan asam yang bersifat lemah. Hidrogen oksida dan sulfur dioksida ketika bertemu dengan uap air akan mneghasilkan asam yang bersifat kuat.
  5. Kemudian kandungan tersebut terbawa angin menuju tempat yang jauh dari sumbernya dan semakin ke atas.
  6. Ketika sudah sampai di atasgas yang bercampur dengan uap terseut, akan mengalami keberatan sehingga menjatuhkan kandungan airnya sebagai titik-titik air. Hujan inilah yang dinamakan dengan hujan asam.

Beberapa gas yang terlihat dalam proses terjadinya hujan ini antara lain dalah:

  • Karbondioksidaatau CO2
  • Karbonmonoksida atau CO yaitu suatu gas yang diperoleh dari berbagai proses pembakaran. Seperti halnya karbondioksida, karbonmonoksida ini juga dapat diproduksi mellaui bebrapa aktivitas seperti pernafasan makhluk hidup, hasil pembakaran, polusi kendaraan bermotor dan lainnya.
  • Uap air atau H2O yaitu elemen yang berperan dalam proses terjadinya hujan ini, uapa iar ini dapat disebebkan karena adanya penguapan dari sumber-sumber air yang ada di bumi ketika sedang dipanasi oleh sinar matahari
  • Hidrogen atau H2S yaitu suatu gas yang dapat timbul karena adanya pembakaran atau pemansaan belerang
  • Sulfur dioksida yaitu gas yang dapat timbul karena adanya pembakaran belerang

Setelah menjelaskan menegani proses terjadinya, maka selanjutnya yakni penyebab hujan ini dan dampaknya, berikut paparannya:

Penyebab Hujan Asam

hujan asam

Penyebab munculnya hujan ini yakni:

  1. Karbondioksida atau CO2 dan karbonmonoksida atau CO. Karbondioksida dan karbonmonoksida ini meruakan suatu gas hasil proses pembakaran yang bertemu dengan uap air atau H2o. Kedua gas ini apabila bertemu akan membentuk asam karbonat atau H2CO3 yang termasuk ke dalam kategori asam lemah.
  2. Hidrogen sulfida atau H2S, sulfur ksida atau SO2 yang bertemu denga uap air atau H2o akan membnetuk asam sulfat atau H2SO4 yang merupakan kategori asam yang kuat. Itulah penyebab terjadinya hujan ini secara alami, ada juga sebab-sebab dimana terjadinya hujan ini karena beberapa aktivitas manusia dan juga fenomena alam yang dapat menimbulkan terjadinya hujan asam diantaranya adlah pembakaran BBF, letusan gunung berapi, kebakaran hutan, peleburan logam, aktivitas pabrik dan pembangkit listrik.

Dampak Hujan Asam dan Manfaatnya

Dampak dari terjadinya hujan ini ada yang positif dan ada juga negatif. Berikut paparannya:

Manfaat Hujan Asam (Dampak Positif)

  • Hujan ini mampu melarutkan berbagai mineral yang sangat dibutuhkan oleh bnatang dan juga tumbuhan yang ada di bumi, karena kandungan asam yang tinggi inilah yang mampu melakukannya atau melarutkan minera; di dalam tanah.

Dampak Begatif Hujan Asam

  • Menyebabkan jumlah ikan yang ada di laut mengalami penurunan
  • Merusak lapisan lilin yang ada di daun tumbuhan
  • Hilangnya beragam nutrisi yang dimilki oleh tumbuhan
  • Pertumbuhan akar tanaman menjadi lambat
  • Menyebabkan manusia mudah terkena beragam penyakit, dan penyakit kulit
  • Mmebuat besi menjadi mudah berkarat

Cara Mencegah Terjadinya Hujan Asam

  1. Menggunakan bahan bakar yang mengandung belerang yang rendah
  2. Mengaplikasikan prinsip reuse, recyle dan reduce

Nah, dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa hujan asam adalah hujan yang disebabkan karena alam dan aktivitas manusia, yang disebabakan dengan gas karbondioksida, karbnmonoksida,  yang menimbulkan proses terjadinya hujan ini.

Selain itu hujan ini berdampak postif serta negatif, namun lebih berdominan dengan dampak negatif. Maka dapat dicegah hujan asam tersebut dengan dua hal yakni penggunaan bahan bakar yang mengandung belerang yang rendah dan mengaplikasikan prinsip reuse, recycle dan reduce.

Ragam Informasi Lainnya :
Siklus Hidrologi Siklus Air
Arti Observasi Siklus Nitrogen

Demikian artikel menegnai materi hujan asam, semoga bermanfaat untuk pembaca, penullis minta maaf jika telah terjadi suatu hal yang tidka di sengaja oleh penulis dalam penulisan artikel diatas. Terimakasih kepada pembaca karena sudah berkunjung, membaca dan menyimak dengan baik dan seksama.