9+ Contoh Cerpen Singkat Persahabatan , Pendidikan , Lucu, DLL

Ini 15+ contoh cerpen singkat lengkap beserta struktur dan unsur intrinsiknya. ⏩ Contoh cerpen lucu untuk anak ☑️ persahabatan☑️sejarah ☑️

Ngobrol soal cerpen, siapa yang nggak tahu cerpen? Pasti sudah banyak yang mengetahui pengertian cerpen dan unsur intrinsik ekstrinsiknya. Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek atau cerita singkat, cerpen atau cerita singkat biasanya digunakan untuk buku cerita anak, yang mengandung pesan moral.

Cerpen atau cerita singkat ada dalam pelajaran bahasa Indonesia sejak kelas 6 SD. Jadi bagi Anda yang sudah dewasa, pasti ada bagian-bagian yang lupa mengenai soal cerpen atau cerita singkat.

Pengertian Cerpen

contoh cerpen

Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek atau cerita singkat, cerpen adalah karangan fiktif yang hanya memuat beberapa paragraf, yang memilki alur cerita namun memiliki pesan moral yang dapat dipetik didalam cerita tersebut.

Dalam pembuatan cerpen singkat tidak bisa sembarangan, harus menggunakan unsur cerpen dan struktur cerpen yang telah ditentukan yakni diantaranya.

Unsur Cerpen

Sebelum kita menginjak pembahasan mengenai contoh cerpen singkat dan menarik, alangkah lebih baik jika kita ulas terlebih dahulu struktur cerpen, dan tentunya unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen.

Unsur dalam cerpen dibagi menjadi dua pada umumnya, yakni unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Apa aja unsur intrinstik itu? Tema, tokoh, alur cerita, latar, gaya bahasa, sudut pandang dan amanat. Sedangkan unsur ekstrinsiknya yakni latar belakang masayarakat, latar belakang penulis serta nilai yang terkandung dalam cerita.

Struktur Cerpen

Struktur dalam cerpen terdiri dari abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda. Berikut penjelasannya di bawah ini:

  1. Abstrak : ringkasan atau inti dari ceri pendek yang akan dikembangkan menjadi rangkaian-rangkaian cerita singkat. Abstrak juga dapat dibilang sebagai pembuka atau sebagai pengantar sebuah cerita singkat tersebut.
  2. Orientasi : yang berkaitan dengan waktu, suasana dan tempat pada jalan cerita singkat.
  3. Komplikasi :  urutan kejadian-kejadian dalam sebuah cerita singkat.
  4. Evaluasi : jalan cerita yang pada bagian konflik atau klimaks.
  5. Resolusi : solusi yang dialami oleh tokoh.
  6. Koda : pelajaran yang dapat diambil oleh pembaca

Kumpulan Cerpen Singkat

cerpen singkat

Setelah mengetahui apa itu cerpen beserta struktur dan unsurnya, maka akan dipaparkan contoh-contoh kumpulan cerita singkat diantaranya yakni contoh cerpen singkat, contoh cerpen persahabatan, contoh cerpen singkat pendidikan.

Ada juga beberapa contoh cerpen singkat pendidikan, cntoh cerpen terbaik, contoh cerpen dan unsur instriksiknya, contoh cerpen bahasa indonesia, contoh cerpen pendek, conth cerpen beserta strukturnya.

Contoh Cerpen Singkat

Kita adalah dua teman sejak SMA, aku adalah siswa pindahan dari sekolah swasta yang berada di salah satu Kota Blitar. Aku pindah ke Malang dan teman pertamaku ketika aku pindah yakni bersamanya, dia bernama manda.

Kami berteman hingga kuliah, dan kamipun juga sama-sama masuk kuliah dengan jalur yang sama dan sama-sama mendapatkan beasiswa dan kitapun sekelas juga, wah luar biasa bukan?

Namun aku memilki kekurangan dalam diriku, yakni lola (loading lama) aku hanya butuh orang-orang yang sabar menghadapiku, seperti ibuku. Namun sepertinya sulit. Manda sejak ia memilki teman baru ditempat kuliah, ia sering mengolok-olok diriku, sehingga aku merasa tidak ada yang membelaku. Mereka malah mengejek-ngejekku lebih parah.

Namun bagaimanapun manda adalah temanku, hingga pada suatu ketika manda jatuh kecelakaan didaerah tidak jauh dari kampus kami. Akhirnya setelah aku mendengar berita itu, aku menuju lokais kecelakaan, dan aku langsung membawanya ke rumah sakit. Teman yang selal bersamanya mana? Ia hanya datang ketika manda sedang senang, namun ketika manda seperti ini? Mana temannya. Manda bagaimanapun dirimu, aku akan tetap menerimamu sebagai temanku, semoga kau lekas sembuh.

Contoh Cerpen Persahabatan

Aku baru saja masuk SMA (sekolah menengah atas) di salah satu Kota malang, saat itu MOS sedang berlansung pada hari ke 3. Pada hari tersebut kami diperintahkan untuk membawa bekal denga ntelor mata sapi beserta vegetarian.

Saat makan siang telah tiba, kami seluruh peserta MOS makan bersama, namun ada satu anak yang mejadi perhatanku, ia tidak makan, aku langsung menghampirinya, aku berfirasat bahwa dia tidak membawa bekal. Aku memang sengaja membawa dua bekal.

Akhirnya ia langsung kuhampiri dan langsung kusodorkan bekal satunya tepat didepannya.

“ini untukmu”

“apa ini?”

“ini makanan untukmu, ayo kita makan bersama”

“terimakasih” ia langsung menerima bekal tersebut dan mereka makan bersama-sama.

“Pesan singkat dari cerpen persahabatan diatas yakni, sahabat itu bukan dari ucapan kita bilang sahabat, taetapi sahabat adalah ia yang dapat menerima kita dengan segala kekurangan kita, dan teman kita yang selalu ada untuk kita. Sahabat adalah teman yang saling terbuka, dan berbagi dengan teman satu sama lain.”

Contoh Cerpen Singkat Pendidikan

Aku sekolah selalu diantar bersama ibuku, ibuku selalu mengantarku dengan berjalan kaki. Karena jarak rumah dan sekolah berjarak dekat. Walaupun dekat namun kami masih menyebrang jalan raya, karena sekolahku berada di pinggir jalan raya.

Suatu ketika jalan raya sangatlah ramai dari biasanya, ibuku menyuruhku untuk berdiri disini. Ibuku membantu menyebrang nenek-nenek yang ingin menuju kesekolahku, karena nenek-nenek tersebut adalah penjual di kantin sekolahku. Akhirnya nenek-nenek tersbut disebrangkan oleh ibukku, sedangkan aku disuruh menunggunya disini. Setelah ibuku mengantarkan nenek tersebut, ibuku kembali dengan wajah tersnyum dan menghampiriku sambil berkata “maaf ya nak, ibu tadi sedang mambantu nenk itu menyebrang, kasihan yaa”

“iya bu”

“bagus, nanti kalau rehan sudah besar, kalau ada orang yang lebih tua dimanapun berada dahulukan ya nak”

“iya bu aku menegerti”

Contoh Cerpen Bahasa Indonesia

Ibu dan aku pergi kepasar disetiap hari minggu di pagi hari. Kebetulan hari ini kami kedatangan hajat untuk aqiqohku. Sehingga harus ada banyak yang dibeli, namun untuk makanan sudah pesan di cateringan, agar lebih praktis.

Saat itu kita hendak ke tempat makanan ringan, untuk cemilan para hadiri undangan aqiqoh, ibu berhenti di suatu ruko. Yang berisikan banyak makanan ringan disana. Saat itu sangat ramai pengunjung, sehingga kami harus mengantri.

Sambil mengantri ibu memilih-milih makanan, dan disisihkan pada tempat yang bisa menampung makanan ringan. Aku tidak bisa membantuibu, karena tempat makanan ringa terlalu tinggi daripada badanku. Ketika ibu suda didepan kasir, ibu langsung mengeluarkan dmpet bersiap-siap untuk membayarnya.

Uang ibu 100.000 dan habisnya 75.000, namun oleh kasirnya diberi kembalian 50.000, ibuku tetap menerimanya. Dan sontak aku bilang, loh bu, bukannya kembalian 25.000 kok jadi kembali 50.000 bu. Udah gapapa, jangan bu dikembalikan saja, mungkin tadi mbaknya salah hitung. Iyausdah ibu kembalikan yaaa….

Contoh Cerpen Terbaik

sahuur..sahuurr..imsak kurang 20 menit lagi..

Bau aroma makanan yang siap untuk di santap, sudah menggoda perutku. Telur dadar dan sayur sop dilengkapi dengan krupuk hmm, sungguh nikmat sambil menonton televisi dan duduk bersila, ibuku berada di samping kiriku sedangkan ayahku duduk di atas kursi yang tepat di depan televisi.

Aku merasa hangat jika berada diantara ayah dan ibuku, karena hanya aku anak semata wayangnya. Tak terasa puasa ramadhan kurang seminggu lagi, tak ingin rasanya berakhir karena hanya puasa ramadhan aku dan keluarga bisa bangun bersama-sama untuk melaksanakan sahur, menyiapkan diri untuk berpuasa sehari penuh.

Kebiasaan seorang muslim jika setelah melaksanakan puasa yaitu merayakan Idul Fitri, berkumpul bersama keluarga besar menyambung silaturahmi yang mungkin pernah terputus dan saling bermaaf-maafan.

Seperti biasa setiap 2 tahun sekali aku bersama ayah dan ibuku mudik ke pulau Sumatera, Lampung Selatan. Siapa yang di Lampung? yang Lampung adalah mertua dari Ayahku, jauh ya jodohnya hihi, ceritanya panjang deh pokoknya. Soalnya Ayahku, tempat asalnya di kota kelahiranku yaitu Malang, Jawa Timur.

Contoh Cerpen dan Unsur Intrinsiknya

Aku baru beberapa bulan keluar dari pekerjaanku, karena teman-temanku yang membuatku tidak nyaman, mereka selalu menyuruhku mengerjakan sesuatu yang buakn untukku namun untuk mereka, aku yang disuruh mengerjakan. Akhirnya aku memutuskan untuk keluar dari pekerjaan itu, dengan alasan aku akan pindah ke luar kota.

Sampai saat ini akupun belummendapatkan pekerjaan bahkan bolak-balik ditolak oleh perusahaan karena masih belum mencari karyawan. Ahirnya karena aku bsan di rumah, maka aku memutuskan untuk mecari udara segar selepas mandi pagi. Tepat pada pukul 06:00 WIB aku keluar rumah dengan mengenakan sepatu olahagaku dan celana trining, baju kaos lengan panjang. Namun ketika ku berlari, tak sengaja mataku memandang ke bawah.

Ternyata aku menemukan sebuah dompet berwana hitam yang skitar berukuran 10 cm x 7 cm, dengan, kemudian ku cek dalam dompet tersebut pemiliknya siapa, dalam dompet tersebut terdapat banyak sekali uang serta kartu-kartu penting didalamnya. Uang yang berada didalam dompet sangatlah besar. Seketika aku tergoda untuk mengambil dompet tersebuut.

Namun aku segera menyadari bahwa apa yang akan kulakukan itu salah, akhirnya aku memutuskan untuk mengembalikan kepada pemiliknya dengan mdal melihat alamat di KTPnya. Akhirnya ketika ku menemukannya, ternyata rumahnya diluar dugaan, rumahnya sangat mewah dan halaman yang luas. Ketika ku pencet bel yang berada disamping pagar itu, keluarlah seorang bapak-bapak ternyata beliau tukang kebun di rumah tersebut.

“saya mencari pak Budi, apa benar ini rumahnya pak Budi?”

“iya benar, ini saya berbicara dengn siapa ya?”

“saya Adi pak, ingin bertemu dnegan pak Budi, karena saya mau mmeberitahukan berita yang penting”.

:baiklah silahkan masuk, pak Budi ada di dalam, saya panggilkan dulu”.

“iya pak, terimakasih”

“kamu mencari saya?”

“ohiya, dengan Bapak Buid ini saya bicara?”

“iya betul, ada apa yaa?”

“ini saya menemukan dompet bapak di jalan rambutan, saa lihat alamatnya di KTP berada disini”

“ohiya bnar ini punya saya, wah terimakasih banyak yaaa”

“kamu kuliah apa kerja?

“saya kerja pak, tapi saya belum dapat kerja, kemarin ditola trus saya melamar”

“jurusan apa kamu?”

“ekonomi manajemen pak”

“wah kebetulan sekali, di perusahaan saya membutuhka orang yang jujur seperti kamu, di bagian keuangan”

“apakah kamu bersedia? Tolong dipikir-pikir yaa, ini kartu nama saya”.

“wah beneran pak?”

“iya saya beneran”.

“terimakasih banyak pak”.

Unsur Intrinsik Cerpen Diatas

  1. Tema                           : nilai moral
  2. Tokoh                          : adi, pak kebun, pak budi
  3. Alur                             : maju
  4. Latar                            : dijalan, dirumah pak budi, sedih dan bahagia
  5. Gya bahasa                 : lugas
  6. Sudut pandang            : pertama
  7. Amanat                       : kejujuran adalah sifat yang mulia, dengan kita melakukan kebaikan maka kebaikan akan datang dengan sendirinya entah dedngan ukuran yang sama atau lebih.

Contoh Cerpen Pendek

Ada seorang gadis cantik walaupun wajahnya sempurna, namun ia tidak memiliki seorang ayah, dia tinggal bersama ibunya dirumah beserta adiknya. Setiap harinya ia berslek, padahal ibunya susah-susah banting tulang untung adeknya dan dirinya.

Ketik diberitau dia membantah, dan tidak mau meneruskan kegiatan tersbeut. Suatu ketika ibunya jatuh sakit, hari itu tidak ada yang bisa dimakan, akhirnya si gadis cantik itu sadar bahwa apa yang telah dilakukan salah, karena dia tidak membantu ibunyahingga ibunya jatuh sakit.

Ibu adalah segalanya, terimakasih atas pengrbananmu ibu, terimakasih sudah menolongku disaaat aku membutuhkanmu, terimakasih sudah berada didekatku ketika aku embutuhkan sosok rang yang menghiburku. Ibu biarkan yang saat ini aku yang berkerja, walau aku tak tau harus makan apa, tetapi yang jelas aku akan membuatmu nyaman dimasa tuamu nanti bu. Biarkan aku sekarang bekerja untukmu, untuk membeli obatmu, agar ibu sembuh dari penyakit yang diderita sekaranag.

Aku mencari kayu bakar untuk ku jual ke pasar, mencari buah-buahan di hutan untuk dijual dipasar, aku tidak terbiasa hawa panas, sehingga aku sellau dingin. Akhirnya dia lesehan dideket rumah dinoyo sberang atau di kiri ITN.

Contoh Cerpen Beserta Strukturnya

Kesedihan masih terasa dalam diriku, setelah ditinggal oleh suamiku, kini aku kehilangan anakku satu-satunya. Terkadang aku merasa Tuahan mengujiku terlalau berat. Aku percaya bahwa ada hikmah disetiap kejadian yang telah terjadi entah hari lalu, kini dan esok.

Tak terasa sudah 40 hari meninggalnya isuamiku dan 7 hari putriku meninggal. Sedih itu tentu masih ada, bahkan sedihku bertambah parah. Namun aku sadar bahwa, berduka terallu lama juga tidak baik. Menjalai hidup sekuat mungkin itu adalah slusi kekosongan dan kesedihanku.

Ada pepatah yang bilang bahwa kesibukan daat menghilangkan rasa kesepian, kesendirian. Dan ternyata itu benar, tak pernah ku berfikir siapa yang akan menemaniku atau menjadipendamping yang mengantikan suamiku, tidak. Biarkan aku setia dengan kesetiaan ini, aku ingin bertemu dengan suamiku di akhirat nanti.

  1. Abstrasksi : kesedihan masih kurasakan walau sudah satu bulan aku merasakan kehilangan, setelah ditinggalkan oleh pendamping hidupku, kini anakku semata wayang juga tiada. Hujan dari tadi tak ada henti-hnetinya, hujan dimataku.
  2. Orientasi : latar suasana: sedih, sendu, latar waktu: sekarang, serta 40 hari setelah meninggalnya suami kemudian meninggalnya anak dan 7 hari setelah anaknya wafat.
  3. Komplikasi : sang tokoh walaupun bersedih, dia tetap bertahan dan tidak mencari pendamping hidup yang baru
  4. Evaluasi : klimaks sudah berada diawal sejak ditinggal suaminya kemudian disusul meninggal anaknya, namun sang pemeran tetap tegar atas apa yang telah dialaminya dan mencba menjalani hidup dengan dengan baik.
  5. Resolusi : pemeran mulai menjalani hidupnya dengan menyibukkan diri dengan bekerja, dan meutuskan tidak menikah lagi dengan yang baru atau tidak mencari yang baru.
  6. Koda : pesan yang dapat disampaikan dalam cerepen tersebut adalah, walaupun kita diberikan kesedihan yang amat dalammenuruut kita, kita harus tetap menjalni hidup kita seperti biasnya dan selalu bersyukur setiap kejadian yang kita alami bahwa semua sudah diatur dan Allah tidak akan memeberikan cobaan diluat batas kemampuan hambanya.

Nah, dari paparan diatas bahwa cerpen atau cerita pendek adalah satu cerita yang berisikan sebuah kisah singkat yang dapat ditarik nasehat atau hikmah didalamnya. Contoh cerpen diatas semoga dapat memberikan pencerahan kepada pembaca agar lebih memahami bagaimana cerpen atau cerita singkat tersebut.

Ragam Informasi Lainnya :
Contoh Teks Eksplanasi Teks Eksplanasi
Contoh Teks Eksposisi Teks Eksposisi
Contoh Teks Anekdot Teks Anekdot

Terimakasih sudah menyimak artikel contoh cerpen singkat dengan baik dan seksama, semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis mengucapkan mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan artikel contoh cerpen, penulis ucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya.