25+ Contoh Biografi dan Autobiografi Beserta Strukturnya

25+ Contoh biografi dan teks autobiografi beserta strukturnya. ⏩ contoh biografi singkat tentang tokoh pahlawan ☑️ guru ☑️ diri sendiri ☑️

Bagi yang suka membaca novel maupun jurnal pasti tak akan asing dengan yang namanya teks biografi. Teks biografi biasanya berada dibelakang buku novel. Bagi yang belum tahu jangan khawatir, pada artikel ini penulis akan memaparkan mengenai apa itu teks biografi singkat beserta berbagai contoh teks biografi.

Akan ada banyak contoh teks biografi yang akan memudahkan pembaca lebih banyak referensi. Jadi jangan sampai tidak disimak ya. Sebelum penulis masuk pada contoh teks biografi, alangkah baiknya kita harus mengetahui apa itu teks biografi secara singkat dan struktur teks biografi, berikut di bawah ini:

Apa Itu Teks Biografi ?

contoh teks biografi

Teks biografi merupakan teks yang berupa pengenalan tokoh tokoh mengenai sejarah kehidupan dan prestasinya nya bagaimana perjalanan hidupnya serta karirnya yang menjadi orang sukses.

Dalam pembuatan biografi harus mempertimbangkan mengenai prestasi-prestasinya karena akan dibaca banyak orang dan akan menjadi tokoh inspirasi pembaca, sehingga dengan adanya biografi [pembaca akan termotivasi atas prestasi-prestasi yang tokoh dapat.

Selain biografi ada juga yakni autobiografi,  autobiografi yakni kebalikan dari biografi, jika biografi tokoh diceritakan oleh penulis, namun autobiografi tokoh menceritakan dirinya sendiri tanpa adanya perantara, jika ingin tahu tentan autobiografi, maka akan ada contoh autobiografi.

Struktur Teks Biografi

Ada tiga struktur teks biografi yang akan membuat teks menjadi satu kesatuan, yakni sebagai berikut:

  1. Orientasi

merupakan cerita sebagai pembuka dalam sebuah biografi atau awal cerita yang menjadi pengantar.

  1. Peristiwa dan masalah

Suatu teks yang menjelaskan bagaiman kehidupan dari nol sampai sekarang, bahkan berisi tentang hal-hal yang berkesan dalam hidup dan menyebutkan kelebihan dan kekurangan tokoh.

  1. Reorientasi

Merupakan penutup cerita atau cerita akhirnya bagaimana bahkan bisa juga pendapat penulis mengenai tokoh inspirasinya itu.

Contoh Teks Biografi Singkat

contoh biografi

Nah, setelah membahas hal-hal diatas maka berikutnya akan berbagai contoh biografi yang akan menjadi referensi pembaca. Contoh biografi yang akan dipaparkan yakni: contoh biografi pahlawan, contoh biografi diri sendiri, contoh biografi teman dan contoh biografi guru. yuk simak lagi dengan baik.

  • Contoh Biografi Pahlawan

Pahlawan yang menjadi kebanggan kaum wanita di indonesia yaitu R.A kartini yang lahir pada tanggal 21 April 1879, beliau meninggal di usia mudanya pada tanggal 17 september 1904 usia 25 tahun.

Pada usaia mudanya ia membuat berbagai buku, salah satunya yakni yang berjudul “BuKu Habis Gelap Terbitlah Terang”, yang menggunakan Bahsa Melayu. Pada tahun 1938 buku Habis Gelap Terbitlah Terang kembali diterbitkan dengan formt yang berbeda.

Karena jasa R.A Kartini sangat mmebanggakan dan memerdekaan kaum wanita, maka pada tanggal 21 April menjadi Hari Peringatan R.A Kartini yang dirayakan disetiap tahunnya.

  • Contoh Biografi Diri Sendiri

Namanya adalah Nur Yulia Prajnya Pramita, nam panggilannya yaitu Yulia. Dia lahir di Malang Provinsi Jawa Timur. Ia anak tunggal dari Bapak Sudiyanto dan Ibu darmayani . Mereka tinggal di Jalan Kanjuruhan Gang 1 Nomer 3a RT/RW: 04/03 Watugong, Tlogomas Malang. Ayahnya berprofesi sebagai kuli bangunan sedangkan ibunya berprofesi sebagai ibu rumah tangga, ayahnya bekerja sudah 20 tahun sedangkan ibunya sudah 12 tahun.

Ketika kuliah dia pernah berjualan roti bakar untuk mengisi hari-harinya karena ia berniat bangun pagi, ia menyiasati dengan berjualan roti bakar agar dapat bangun pagi. Dia sangat berbakti pada orang tuanya hingga ia ingin mencapai cita-citanya demi membahagiakan kedua orangtuanya yakni menjadi guru. Walaupun sebenarnya keinginanya ingin menjadi guru matematika, kini ia sudah masuk prodi pendidikan seni rupa sehingga kedepannya ia menjadi guru seni budaya.

  • Contoh Biografi Teman

Namanya Achmad Sandy Maulana, ia bias dipanggil Sandy, ia lahir pada tanggal 17 Oktober 1998, ia juga anak tunggal dari Bapak Djuni Sudarsono dan Ibu Maimunah. Ia tinggal di Jalan Kresno No. 8 Blimbing.

Ia saat umur 6 tahun bersekolah di SDI Nusa Bangsa 2, kemudian MTS Negeri 2 Malang hingga kemudian ia melanjutkan SMK 5 Malang jurusan Kriya Kayu. Ia pernah mewakili lomba adzan di SMK 1 djati mewakili SMK 5, walaupun tidak meraih juara tetapi ia sangat percaya diri dengan usahanya. Karena dia yakin bahwa usahanya selama ini pasti menghasilkan hasil, walaupun saat itu masih tertunda. Dan tetap beusaha dan berdo’a

  • Contoh Biografi Guru

Nama beliau yaitu Siti Maimunah, beliau lahir pafda tanggal 10 September 1870. Beliau sekarang sudah berumur 50 tahun, beliau mengajar di SMK Negeri 5 Malang jurusan Kriya Tekstil.

Beliau dalam mengajar sangatlah menyenangkan, beliau tidak pernah marah walaupun kita tidak mengerjakan pekerjaan rumah, beliau selalu memberikan kesempatan kepada kita untuk mengerjakannya, yang terpenting bagi beiau adalah mencontek sangatlah dilarang.

  • Contoh Teks Autobiografi

Nama saya Nur Yulia Prajnya Paramita, saya lahir pada tanggal 8 Agustus 1997. Tepat pada hari jum’at sore hari pada pukul 16:00 WIB. Aku lahir di Kota kelahiran ayahku, yakni Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Saya anak tunggal dari ayah bernama Sudiyanto serta Ibu bernama Darmayani. Sejak kecil aku selalu dimanja oleh kedua orang tuaku, aku SD pada saat umur 6 tahun di MI Sunan Giri dekat rumahku, dari tahun 2003 sampai 2009. Kemudian ke jenjang SMP Negeri 25 Malang dari tahun 2009-2012, selanjutnya ke janjang SMK Negeri 5 Malang jurusan Kriya Tekstil pada tahun 2012-2015.

Hal yang berkesan dalam hidup saya ialah saya pernah menjuarai lomba gamabr tingkat sekolah dasar, padahal saat itu saya sebelum lomba malamnya belajar menggambar, dan saya pikir gambaran saya masih tidak bagus, namun saat pengumuman tiba, nama saya dipanngil dan saya sangat terkejut. Saya merasa sangat senang karena mendapatkan juara 1. Selain itu, saya juga tidak meyangka bahwa saya juga mendapatkan juara 2 lomba pencak silat tingkat Kota Malang.

Selain itu saat dijenjang SMK saya mengikuti lomba matematika non-teknologi yang diselenggarakan di Surabaya mewakili SMK 5 Malang, namun tidak membawa apa-apa. Yang membuat terkesannya adalah sebelum berangkat ke Surabaya saya sempat membolos belajar karena ada satu alasan yang membuat saya membolos, karena guru saya matematika pilih kasih terhadap saya sehingga saya merasa cemburu.

Saat itu orang tua saya ditelfon, lah pertanyaannya adalah mengapa guru saya tau nomer orang tua saya? Ternyata saat saya belajar sebelum memboos sekolah, riwayat hidup saya yang berada dselembaran kertas saya taruh diloker kelas, mungkin itu petunjuk dari Yang Maha Atas, akhrnya saya menangis menyesal atas perbuatan saya. Padahal saya sudah dipercaya untuk mewakili sekolah namun saya menyia-nyiakannya. Saya telah membuat kecewa semua orang-orang yang telah mempercayai saya.

Saya berharap untuk pembaca jangan pernah menyepelekan hal yang sudah menjadi kepercayaan semua orang, karena rasa kecewa akan terus membekas selamanya meski kata maaf sudah terlontarkan beribu kali.

Ragam Informasi Lainnya :
Teks Prosedur Teks Eksplanasi
Teks Berita Teks Eksposisi
Teks Eksemplum Teks Anekdot

Nah, dari contoh biografi, contoh autobiografi , dan contoh teks biografi dapat disimpulkan bahwa, perbedaan dari hal itu yakni jika contoh biografi yakni menjelaskan riwayat hidup seseorang dan terdapat berbagai paragraf sedangkan contoh teks biografi yakni menjelaskan riwayat hidup namun hanya 1 paragraf, terimakasih sudah menyimak contoh biografi semoga bermanfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *