Cara Menghitung Persen di Excel dan Kalkulator + Contoh Soal

Rumus Persen – Apakah anda sedang bertanya-tanya tentang bagaimana cara menghitung persen di Excel atau di Kalkulator? Nah, kali ini kami akan memberikan ulasannya lengkap dengan beberapa contoh soal mencari nilai persen agar kita dapat dengan cepat dan mudah mempelajari rumus persentase.

Sewaktu di sekolah dahulu kita pasti pernah belajar tentang cara menghitung persen di excel pada pelajaran telekomunikasi dan informasi, atau sekedar mencari dengan rumus persentase sederhana dalam pelajaran matematika.

Nah, sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara menghitung persentase, ada baiknya kita mengulas terlebih dahulu tentang apakah pengertian Persen itu? Persen atau istilah lain per-peran yang pernah kita dapat dari materi sekolah dulu.

Karena ingin tahu kembali bagaimana cara mencari/menghitung persen, akhirnya mencoba untuk mempelajarinya kembali dan pastinya tidak hanya satu sumber saja yang saya gunakan, tetapi banyak mulai dari internet sampai buku saya mengacak-acak(pelajari) dan hasilnya cukup membantu saya dalam menagani dalam perhitungan persen.

Rumus Menghitung Persen

Pada dasarnya menghitung persentase ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Semua orang tentu saja pernah belajar cara hitung persentase sewaktu duduk di bangku sekolah. Namun seiring dengan berjalannya waktu, banyak dari kita yang sudah lupa tentang cara menghitung persentase.

Berikut juga saya mau berbagi juga buat teman-teman yang ingin mempelajari atau ingin tahu cara perhitungan persent. Pengenalan singkat tentang persen. Pesen adalah Per100 (semua sudah tahu itu) dengan rumus Jumlah yang ingin dicari – Bagi jumlah – jumlah keseluruhan dikali, dan akan didapat hasilnya dan itu persennya.

Lalu bagaimana rumus menghitung persen? Tentu saja berbeda dengan rumus BEP. Secara detailnya, berikut kami tuliskan ulasannya.

Cara Menghitung Persen di Excel

cara menghitung persen

Ketika sedang duduk di bangku sekolah dasar bahkan sudah diajarkan bagaimana cara menghitung persen di excel, manual, atau pun dengan kalkulator. Menghitung persen memang tidak begitu sulit. Tapi bagaimana jika cara menghitung persen di excel?

Bisa saja tidak semua orang bisa memahami bagamai mana cara menghitung persen di excel. Maka dari itu berikut penjelasannya. Untuk memudahkan penggunanya, excel dilengkapi dengan fitur yang mengubah anka di suatu cell menjadi beragam macam format angka, salah satunya adalah persen.

Terdapat tiga cara yang bisa mengubah suatu nilai menjadi persen, yaitu sebagai berikut:

  • Mengetik langsung lambang % di cell excel setelah mengtik angka.
  • Format cell dengan mengubah style format persen di menu tab, number, percent ( % ), dan juga dapat dengan menekan tombol CTRL + %.’
  • Memilih format percentage di kotak dialog format cells.

Menampilkan Persentase di Excel

Di microsoft Excel ada beragam format untuk angka salah satunya format persentase (Percentage). Secara default persentase akan disajikan dalam format pecahan desimal. Misalkan nilai yang seharusnya 25% dalam format default akan ditampilkan dengan 0,25. Untuk menampilkan format persentase sobat harus mengubah format cell yang berisikan nilai tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih cell yang akan yang berisi data yang tampilannya akan diubah ke bentuk persentase.
  • Klik kanan pilih format cell atau bisa dengan shortcut Ctrl + 1 atau bisa juga dengan memilih menu home lihat kota format cell di box number
  • Akan muncul dialog box format cell. Pilih percentage kemudian akan ada pilihan jumlah desimal yang akan ditampilkan. Pilih sesuai kebutuhan kemudian tekan okdialog box format cell
  • Misal 0,25 setelah diformat akan menjadi 25% jika kita memilih jumlah desimal di belakang 2 maka akan menjadi 25,00%
  • Misal 0,1234 setelah di format akan menjadi 12,34%.

Sedangkan untuk cara menghitung persen di excel terdapat beberapa rumus menghitung persen. Supaya lebih jelas akan dijelaskan satu persatu yaitu :

Menghitung Nilai Persen di Excel

Sudah di ketahui bahwa cara menghitung persen menggunakan rumus menghitung persen adalah persentase = ( bagian / seluruh ) x 100 %. Apabila ingin menghitungnya menggunakan excel rumusnya sama saja. berikut terdapat contohnya.

Terdapat 10 buah, diamana 7 diantaranya sudah matang dan terdapat 3 buah lainnya yang masih mentah. Maka berapakan persentase buah matang dan buah mentah tersebut ?

Yang berbeda dengan excel adalah apabila ingin memasukkan rumus menghitung excel. Pertama tama cara menghitung persen yang  harus dilakukan adalah dengan memasukkan tanda sama dengan ( = ), kemudian masukkan rumus sama seperti di atas tadi. Maka penulisan rumus menghitung persen adalah :

Persentase buah matang

=(7/10)*100

Persentase buah mentah

=(3/10)*100

Menghitung Potongan Persen di Excel

Sedangkan untuk cara menghitung persen diskon dapat menggunakan rumus nilai persen x nilai pecahan. Contohnya seperti, sebuah ponsel di jual dengan hariga Rp. 1.000.000. harga ponsel tersebut di diskon sebesar 30 %. Maka berapakan harga ponsel tersebut setelah di diskon ?

Sama halnya dengan cara di atas tadi. Pertama tama cara menghitung persen potongan diskon yang harus dilakukan adalah dengan mengetikkan angka = di satu cell. Kemudian ketikkan 30%*1000000. Maka akan menjadi seperti berikut ini :

=30%*1000000

Kemudian, tekan tombol enter. Jadi akan keluar hasil dari hitungan tersebut yaitu Rp. 300.000. langkah selanjutnya adalah dengan mengurangi harga ponsel dengan potongan tersebut  yaitu :

=1000000-300000

Kemudian tekan tombol enter, lalu akan keluar hasilnya yaitu Rp. 700.000.

Menghitung Persen Kenaikan dan Penurunan di Excel

Persentase Kenaikan

Persentase perubahan kenaikan menunjukan seberapa besar persen penambahan nilai lama dari pada dibangingan dengan nilai baru. Nilai penambahan didapatkan dengan mengurangi nilai baru dengan nilai lama.

Cara menghitung persen kenaikan dapat menggunkan rumus menghitung persentase kenaikan sebagai berikut :

kenaikan ( % ) = nilai kenaikan / nilai sebelum kenaikan x 100%

Contohnya sebagai berikut :

Di ketahui jumlah penduduk dari suatu desan adalah sebagai berikut ini :

2015 = 1000 jiwa

2016 = 1500 jiwa

2017 = 2500 jiwa

2018 = 3000 jiwa

Maka hitung lah presentase kenaikan jumlah penduduk tersebut dengan memakai excel.

Hal yang harus dilakukan pertama kali dengan memasukan tahun ke kolom A. contohnya 2015 dimasukan ke dalam cell A1, 2016 ke cell A2 dan seterusnya. Kemudian masukan jumlah penduduk ke kolom B. contohnya seperti 1000 masukan ke dalam cell B1, 1500 ke dalam cell B2 dan seterusnya.

Apabila sudah, maka gunakan kolom C untuk menghitung persentase kenaikan. Seperti di C2 gunakan untuk menghitung persentase kenaikan jumlah penduduk dari tahun 2015 ke 2011. Caranya sebagai berikut ini :

=(B2-B1)/B1

Jika sudah tekan lah tombol enter. Jadi akan keluar hasil perhitungannya. Untuk menghitung persentase kenaikan lainnya, hanya perlu melakukan copy paste ke bawah saja.

Persentase Penurunan

Sedangka untuk persentase perubahan penurunan dipakai untuk menunjukkan seberapa besar persen penurunan nilai baru dari pada dengan nilai lama. Nilai perubahan ini di dapatkan dengan menguraki nilai lama dengan nilai baru. Rumus perhitungannya adalah sebagai berikut ini :

Penurunan ( % ) = nilai penurunan / nilai sebelum penurunan x 100 %

Contohnya sebagai berikut ini :

Di ketahui luas lahan di suatu desa yaitu sebagai berikut ini :

2016 = 3000 Ha

2017 = 2700 Ha

2018 = 2500 Ha

Maka hitunglah persentase penurunan luas lahan tersebut memakai excel.

Pertama tama langkah yang harus dilakukan dengan memasukan data ersebut ke dalam excel. Contohnya 2016-2018 masukkan ke dalam cell A2-A4, kemudian luas lahan masukkan ke dala cell B2-B4. Kemudian masukkan rumus berikut ini ke dalam kolom C yaitu :

=(B2-B3)B2

Apabila sudah kemudian tekan enter. Untuk mencari persentase penurunan yang lainnya lakukan dengan cara mengcopy paste rumus tersebut ke bawah.

Menghitung Persen Bunga Pinjaman di Excel

Cara menghitung persen bunga pinjaman tedapat rumusnya yaitu sebagai berikut :

Bunga = pinjaman x persen

Bunga = 2000000 x 10 %

Bunga = 200000

Sedangkan ke dalam cell bunga D4 ketikan rumus =B4*C4

Cara Menghitung Persen Menggunakan Kalkulator

Pastinya sudah sangat familiar dengan cara menghitung persen di kalkulator. Tapi pasti masih ada orang yang belum paham bagaimana cara menghitung persen di kalkulator. Memang terdapat banyak jenis kalkulator tapi pada dasarnya cara menghitung persen di kalkulator tidak jauh beda.

Seperti cara menghitung pesen di kalkulator casio sama saja dengan cara menghitung persen di kalkulator android. Yang membedakan pada umumnya adalah lambang pengoprasiannya dan tatak letak tombol tombolnya saja. beriikut sedikit penjelasan jenis jenis kalkulator yaitu :

Menghitung Persen dengan Kalkulator Biasa

Kalkulator biada ini menjadi jenis yang begitu banyak dipakai oleh banyak orang, baik di kantor, toko dan tempat yang lainnya. Kalkulator biasa ini pada umumnya terdiri atas tombol tombol yang terbatas untuk memudahkan pengguna mengoperasikan pertambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, persentase dan akar.

Pada umumnya kalkulator bisa ini dipakai di pekerjaan yang tidak membutuhkan perhitungan yang begitu rumit. Anda hanya tinggal mememnce tombol angka sesuai yang akan dihitung.

Menghitung Persen dengan Kalkulator ilmiah

Beda dengan kalkulator biasa, kalkulator ilmiah atau juga yang dikenal dengan kalkulator scientific memiliki fungsi yang lebih banyak. Selain pertambahan dan pengurangan kalkulator ini juga dilengkapi dengn tombol pangkat, sin, cos, tan, logaritma dan masih banyak tombol yang lainnya.

Sedikit mengingat kembali bahwa untuk mencari nilai sesungguhnya dari suatu persentase bisa dicari dengan memakai rumus :

Bagian = ( persentase / 100 % ) x seluruh

Untuk menghitung present di kalkulator tidak ada perbedaan dengan cara menghitung manual. Rumus yang dipakai sama. Hanya saja tidak perlu menghitung sendiri karena angka yang dimasukan di proses langsung oleh kalkulaor.

Contohnya sebagai berikut :

Terdapat seorang anak yang memiliki 50 kelereng. Kemudian 10 kelereng dia berikan ke adiknya. Maka berapakan persen kelereng yang diberikan anak tersebut kepada adiknya?

Apabila ingin menghitung di kalkulator, hanya perlu memasukan angka di atas atas dasar rumus persentase. Rumus yang dipakai adalah

Persentase = ( bagian / seluruh ) x 100 %

  • Masukkan anbgka 10 kemudian tekan tombol bagi “ “ atau “ / “
  • Ketik angka 50
  • Tekan tombol kali “ X “ atau “ * “
  • Masukkan angka 100 kemudian tekan tombol “ = “
  • Jadi di ketahui bahwa hasilnya adalah 20 %
  • Cara menghitung diskon persen di kalkulator

Sama dengan yang sudah di bahas sebelumnya rumus menghitung diskon adalah :

Nilai diskon = nilai persen x nilai pecahan ( harga sebelum diskon )

Contohnya sebagai berikut :

Terdapat kaos yang dijual dengan harga Rp. 100.000. baju tersebut mendapatkan diskon 20 %. Maka berapa harga baju setelah memperoleh diskon ?

Pada kalkulator, cara menghitungnya sama saja. hal pertama yang dilakukan adalah masukkan angka 20 / 100 yang adalah bentuk pecahan dari 20 %. Kemudian tekan tombol kali dan masukan 100000 tanpa ada titik. Kemudian tiekan tanda sama dengan jadi muncul hasil 20000 yang adalah besaran disikon dinyatakan di dalam bentuk rupiah. Lalu lakukan pengurangan 100000 dengan 20000 dan harga yagn di dapat 80000.

Terdapat cara yang lainnya, yaitu dengan memasukkan angka 20 kemudian tekan tombol %. Nanti akan muncul angka 0,2 yang adalah bnetuk decimal dari 20 %. Kamudian tekan tombol kali dan diikuti 100000. Jadi hasilnya akan sama saja dengan hasil yang di atas tadi.

Harus selalu di ingat bahwa setiap kalkulator memiliki tombol pengoperasian yang berbeda beda. Oleh karena itu sesuaikan dengan kebutuhan apabila ingin membeli kalkulator. Juga dapat memanfaatkan kalkulator PC. Cara menghitungnya pun juga sama saja.

Kelebihannya dapat mengubuah jenis kalkulator PC menjadi standard, scientific, statistic dan lain sebagainya. jadi sangat cocok utuk orang yang banyak bekerja di depan layar komputer.

Contoh Soal Menghitung Persentase

Saya dan teman saya sedang bisnis ceritanya nih! sebut saja temen saya Budi dan saya bisnis kami adalah jual Modem. Katanya bisnis cukup lumayan besar dan modem sudah terjual sebesar Rp.400.000,00. dan saatnya pembagian hasil penjualan modem tersebut.

Saya mendapat Rp.150 dari dari penjualan modem tersebut, dan yang menjadi pertayaan berapa persen yang didapat Budi? kita gunakan rumus diatas, berikut detailnya:

(Cara 1). 150:400= 0.375. (Cara 2). 150×100%= 15.000 400 Part 2 (Cara 1). 0.375×100= 37.5%.

(Cara 2). 15.000:400= 37.5% Jadi hasil yang dimiliki Budi adalah 37.5% dari jumlah Rp.400(62.5%).

Gimana mudah bukan? Sekian ulasan mengenai cara menghitung persentase di Excel dan secara manual di Kalkulator beserta contoh soal perhitungan persen dan jawaban pembahasannya yang dapat kami tuliskan kali ini. Semoga apa yang telah kami tulis dalam artikel ini dapat bermanfaat serta menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita semua.

Keywords:

cara menghitung persen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *