Akomodasi Adalah ? Pengertian, Tujuan & Contoh Akomodasi

⏩ Akomodasi Adalah? Berikut pengertian apa itu Akomodasi menurut KBBI ⭐ Jenis ☑️ Bentuk ☑️ Tujuan dan Contoh Akomodasi ☑️

Siapa kah yang tidak tahu apa itu akomodasi? bagi Anda yang belum tau yuk baca artikel ini sampai habis, karena dalam artkel ini akan dibahas lebih dalam mengenai definisi akomodasi lengkap beserta karakteristik dan contohnya.

Akomodasi adalah suatu pembelah konflik diantara dua pihak yang memiliki masalah, sehingga akomodasi sangat penting dipelajari jika terdapat konflik terjadi maka akomodasi merupakan pelerainya.

Yang akan dibahas pada artikel ini adalah pengertian akomodasi, bentuk akomodasi serta contoh akomodasi. Yuk langsung saja simak di bawah ini detail ulasan informasinya.

Pengertian Akomodasi

akomodasi adalah

Akomodasi adalah suatu upaya yang dilakukan untuk mendamaikan pihak yang memiliki masalah, atau akomodasi adalah suatu upaya untuk melerai atau memisahkan dua belah pihak yang terlibat konflik sehingga tercapai suatu keadaan yang kondusif.

Ada juga yang menjelaskan bahawa akomodasi adalah suatu cara untuk menyelesaikan masalah antara beberapa pihak tanpa menjatuhkan satu sama lain.

Akomodasi adalah kata yang sering digunakan sosiolog untuk mendeskripsikan suatu keadaan individu maupun kelompok yang sedang mengalami konflik berusaha meneyesuikan hubungan mereka sehingga dapat mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Arti akomodasi yakni kegiatan pemisah pihak yang sedang berkonfik atau pelerai. Adapun tujuan adanya akomodasi yakni sebagai berikut.

Tujuan Akomodasi

  1. Meminimalisirkan terjadinya knflik antar individu atau kelompok yang diakibatkan oleh perbedaan pendapat ataupun perbedaan apapaun itu.
  2. Mencegah konflik menjadi lebih besar.
  3. Menyatukan kelompok-kelompk sosial yang berbeda namun memilki tujuan yang sama.

Karakteristik Akomodasi

  1. Kebutuhan akomodasi terjadi karena adanya konflik atau permasalahan
  2. Bersifat universal
  3. Proses yang terjadi secara terus menerus
  4. Pengertian Akomodasi adalah perpaduan soal cinta dan kebencian

Bentuk Bentuk Akomodasi

Sesuai dengan pengertian akomodasi diatas, ada beberapa bentuk akomodasi yang dapat menyelesaikan pertikaian adapun bentuk-bentuk akomodasi adalah sebagai berikut:

  • Kompromi

Pihak-pihak yang terjalin pertikaian melakukan musyawarah untuk mengurangi tuntutannya sehingga konflik dapat diselesaikan dengan lebih mudah dan berakhir secara sehat.

  • Konsiliasi

Pihak-pihak yang melakukan pertikaian mengdakan pertemuan untuk mencari jalan tengah dari masalah yang terjadi sehingga permasalahan tersebut dapat diselesaikan.

  • Stalemate

Terdapat salah satu pihak yang sedang melakukan pertikaian, kemudian berhenti pada saatu titik tertentu sebagai akibat terjadinya keseimbangan keuatan pada masing-masing pihak.

  • Coercion

Pelaksanaannya dilakukan dengan cara paksa. Yang dilakukan karena salah satu pihak yang bertikai berada pada posisi yang lebih lemah, atau kekuatannya tidak seimbang

  • Arbitrasi atau mediasi

Pada bentuk akomodasi ini menhadirkan orang ketiga sebagai perantara. Pihak ketiga tersebut dipilih atas persetujuan pihak-pihak yang berselisih sehingga mereka dapat melakukan kompromi

  • Toleransi

Pelaksanaannya mengandalkan asas saling penegertian antar pihak yang berselisih. Tleransi dilakukan tanpa adanya persetujuan adari salah satu pihak yang berselisih.

  • Ajudikasi

Mengaitkan dengan proses pengadilan, karena jika menggunakan bentuk akomodasi ini maka pihak yang bertikai tidak dapat mengatasi masalah dengan berbagai cara.

  • Majority rule

Bentuk akomodasi yang melalui pemungutan suara atau voting.

  • Konversi

Suatu upaya penyelesaian konflik dengn mengakui keunggulandari pihak lawan.

Setelah dipaparkan mendalam mengenai akomodasi, maka penulis memaparkan contoh akomodasi agar pembaca lebih bisa memahami bagi yang belum memahami. Di bawah ini sebagai berikut:

Contoh Akomodasi di Masyarakat

  1. Bentuk akomodasi mediasi
  2. Perselisihan antar murid yang dimediasi oleh wali kelas atau guru bimbingan konseling (BK) dengan kasus tersebut dapat menggunakan akomodasi bentuk mediasi yakni yang melibatkan orang ketiga.
  3. Perselisihan orang tua murid dan guru di mediasi oleh kepala sekolah, kasus tersebut menggunaan bentuk mediasi.
  4. Pertikaian tukang kebun dengan pengurus yayasan yang dimediasi oleh pengawas yayasan.
  5. Pertengkaran antar anak tetangga yang dimediasi oleh bapak dari salah satu anak tetangga tersebut
  6. Perbedaaan anatra rekan kerja yang dimediasi dengan kerabat teman kerja
  7. Bentuk akomodasi ajudikasi
  8. Orang tua murid melaporkan guru mata pelajaran matematika karena melakukan kekerasan saat mengajar dikelas. Orang tua murid tidk terima akhirnya diselesaikan dipengadilan.
  9. Sengketa pemilki tanah seklah anatara warga dengan pihak yayasan kemudian diadukan oleh keduanya ke pengadilan. Lewat pengadilan, maka keputusan akan benar dan adil bisa terwujud.
  10. Keluarga guru melaporkan murid yang telah melakukan pembunuhan terhadap gurunya, sehingga pihak dari rang tua krban melaporkan tersangka ke polisi agar dihukum sesuai dengan apa yang telah dilakukan.
  11. bentuk akomodasi toleransi
  12. toleransi anatar umat beragama yang ada di sekolah umum. Toleransis dilakukan baik murid, antar murid, antar guru, antara sesama pihak seklah, hingga antar sekolah.
  13. Bntuk akomodasi Majority male
  14. Yanto dan yani harus menerima kekalahan mereka dalam lomba mading 3 dimensi. Pasalnya yang mendapatkan juara 1 yakni sinta dan tika yang memperoleh point lebih besar dibandingka dengan yanto dan yani.
  15. Ika dan teman-temannya sedang kerja kelompok atau berdiskusi mengenai cerita drama yang akan dipentaskan hari kurang seminggu atau 6 hari. Dengn tema yang didiskusi pilihannya yakni berkibar jiwaku untuk Indonesia dan Ekspresikan jiwamu, dari kedua tema tersebut yang memiliki banyak vte yakni berkibar jiwaku untuk Indonesia.
  16. Saaat rapat karang taruna, akan merencanakan sebuah kegiatan untuk agustusan, seperti lomba, dengan berdiskusi tanggal yang tepat untuk lomba agustusan agar tetap terlaksana, meski mayoritas memprioritaskan keja namun mereka tetap berpartisipasi. Dan kesepakatan lomba dilaksanakan sebelum agustusan tgl 14 agustus 2017 agar pemenang diumumkan ketika tgl 17 agustus 2017 setelah upacara dikampung.
  17. Bentuk akomodasi konversi
  18. Seorang murid yang mengakui kesalahannya karena telah merusak atau memecahan jendela kelas karena sepak bola terlalu dekat dengan kelas. Maka dari itu murid tersebut membelikan kembali jendaela yang baru.
  19. Seorang guru yang mengakui kesalahannya di saat mengajar. Sang guru mengakui bahwa ia terlalu pilih kasih. Maka dari itu solusinya adalah jangan dihiraukan semua akan baik-baik saja…
  20. Juli dan agus sedang bermain, juli mengakui bahwa ia yang mencuri uang milik sahabatnya itu agus, maka sebagai gantinya si agus mengembalikan unag tersebut.
  21. Rina mengakui bahwa ia telah menyembukan bukunya yang sudah lama ia cari. Maka sebagai gantinya ia membelikannya buku baru.

Nah, dari paparan isi artikel seluruhnya maka dapat disimpulkan bahwa, pengertian akomodasi adalah upaya pemisah konflik, sehingga konflik bukan diselesaikan dengan berkelahi melainkan dengan rundingan atau bermusyawarah.

Terimakasih pembaca sudah membaca artikel pengertian akomodasi ini dengan baik, penulis harap pembaca sudah benar-benar memhamai dan mengetahui apa itu akomodasi.

Ragam Informasi Lainnya :
Contoh Teks Eksplanasi Teks Eksplanasi
Contoh Teks Eksposisi Teks Eksposisi
Contoh Teks Anekdot Teks Anekdot

Mohon maaf jika dalam penulisan artikel pengertian akomodasi adalah memilki kekurangan, penulis dengan tidak mengurangi rasa hormat meminta maaf yang sebesar-besarnya. Semoga artikel mengenai definisi akomodasi adalah diatas bermanfaat bagi pembaca aamiin.