1 Liter Berapa Kg ? Berikut Jawaban dan Cara menghitungnya

Konversi Satuan Liter ke Kg – Pada kesempatan kali ini akan membahas hingga tuntas tentang 1 liter berapa kg? dan 1 kg berapa liter ? pengeritan, rumus cara menghitung liter ke kilogram dan juga contoh soal mengenai liter ke kilogram beserta pembahasannya. Tidak usah khawatir selain membahas 1 liter berapa kg tapi disini juga akan membahas 1 kg berapa liter, jadi simak hingga tuntas ya penjelasan di bawah nanti. Oke langsung saja ya kepembahasannnya.

Harus diketahui bahwa liter memiliki tujuan untuk satuan volume sementara kg memiliki tujuan untuk satuan berat. Nah sebelum menjawab pertanyaan dari 1 liter berapa kg dan 1 kg berapa liter, alangkah lebiah baiknya mengerti terlebih dahulu mengenai apa itu liter dan apa itu kg.

Jadi liter merupakan satuan volume di dalam sebuah sisitem internasional atau SI. Liter bukanlah satuan volume walaupun demikian satuan liter adalah satuan volume yang begitu popular. Secara resmi simbol satuan liter yaitu l atau ( huruf L kecil ), akan tetapi di dalam literature popular begitu sering dipaiaki dengan huruf L besar atau menur ( huruf L capital ).

Di dalam sisitem internasional, satuan volume diturunkan dari satuan panjang. Satuan dasar untuk volume di dalam satuan internasional atau SI adalah meter kubuk ( m³ ). Satuan volume yang lainnya di dalam satuan internasional atua SI antara lain adalah :

  1. Cimeter kubik / dm³
  2. Centimeter kubik / cm³
  3. Milimeter kubik / mm³, dan seterusnya.,

Konversi Satuan Liter ke Satuan Internasional

1 liter berapa kg

Sedangkan untuk konversi antara satuan liter ke satuan SI popular atas dasar meter kubik antara lain adalah seperti di bawah ini :

  1. 1 liter = 0,001 m³
  2. 1 liter = 1 dm³
  3. 1 liter = 1000 cm³ = 1000 cc
  4. 1 liter = 10⁶ mm³
  5. 1 m³ = 1000 liter
  6. 1 dm³ = 1 liter
  7. 1 cm³ = 0,001 liter
  8. 1 mm³ = liter

Konversi antar satuan lier ke satuan atas dasar liter yang lainnya antara lain adalah di bawah ini :

  1. 1 liter = 1000 mililiter
  2. 1 liter = 100 centiliter
  3. 1 liter = 10 deciliter

Nah sedangkan pengertian dari kilogran / Kg adalah satuan massa atau berat yang resmi di dalam sisitem satuan internasional atau SI. Kg juga adlah simbol yang dipakai untuk menandakan kilogram. Satuan kilogram diturunkan dari satuan dasar untuk berat di dalam satuan internadional SI yaitu gram.

Baca juga : 1 ton berapa kg ?

Satuan sataun massa lainnya yang atas dasar gram yaitu dibawah ini :

  1. 1 kg = 10⁶ mg
  2. 1 kg = 10⁵ cg
  3. 1 kg = 10⁴ dg
  4. 1 kg = 1000 g
  5. 1 kg = 100 dag
  6. 1 kg = 10 hg
  7. 1 kg =  ton

liter ke kg

Seperti gambar di atas, satuan liter merupakan satuan volume sementara satuan kilogram merupakan satuan massa atau berat. Besaran dari suatu volume tidak bisa dikonversi dengan secara langsung untuk menjadi besaran massa, jadi satuan liter tidak dapat dikonversi langsung ke dalam  satuan kilogram, sehingga untuk menjawab pertanyaan 1 liter berapa kg dan 1 kg berapa liter, dalam mencarinya tidak bisa secara langsung.

Akan tetapi untuk mengubah besaran volume ke bearan massa, maka yang dibutuhkan adalah besaran yang lainny ayaitu massa jenis  / berat jenis atau yang disebut dengan densitas. Jadi, jika sebuah benda memiliki massa ( m ) dan volume ( V ), jadi massa jenisnya (  ) adalah seperti di bawah ini :

Satuan massa jenis adalah satuan massa atau satuan volume contohnya seperti kilogram / liter, gram / cc, kilogram / m³, dan lain sebagainya. Nah, sedangkan rumus untuk mengkonversi besaran volume ke massa tersebut adalah seperti di bawah ini :

Massa = massa jenis x volume

m = p . V

Air di artikan memiliki sebuah massa jenis atau densitas kurang lebih sekitar 1 kg/perliter, jadi massa 1 liter air ersebut bisa dihitung dengan menggunakan cara seperti di bawah ini

Jadi jawaban dari pertanyaan 1 liter berapa Kg? adalah 1 kg.  sedangkan untuk pertanyaan 1 kg berapa liter adalah 1,328 liter. Nah, jadi jika ada pertanyaan 1 liter beras berapa kg jawabannya adalah 1 kg dan 1 liter air berapa kg jawabannya adalah 1.328  kg.

Ulas juga : 1 inch berapa cm ?

Untuk perhitungannya sudah dijelaskan seperti di atas. Demikian penjelasan dari pertanyaan 1 liter berapa kg dan juga 1 kg berapa liter. semoga semua makna yang terkandung dalam tulisan ini dapat tersampaikan dengan sempurna, sehingga dapat membantu para pembaca dalam menjawab pertanyaan dari 1 kg berapa liter dan juga pertanyaan 1 liter berapa kg. Tidak hanya itu akan tetapi juga dapat menambah ilmu, wawasan, dan pengetahuan bagi para pembaca.